by

Bupati dan Ketua TP. PKK Melawi Hadiri Penilaian Lomba LBS dan PHBS PKK Tingkat Provinsi Kal-Bar 2022 di Desa Beloyang dan Poring

Melawi, Mediakalbar – Desa Beloyang mewakili Kabupaten Melawi pada lomba lingkungan bersih dan sehat (LBS), sedangkan Desa Poring mewakili Kabupaten Melawi pada lomba PHBS dan Posyandu.

Penilaian lomba Satger PKK-Bangga Kencana-Kesehatan tersebut dilaksanakan di Desa Beloyang, Kecamatan Belimbing Hulu, Kamis (14/07/2022), dan dihadiri langsung oleh Bupati Melawi, H. Dadi Sunarya Usfa Yursa.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Melawi, Ny. Raisya Sarbina Dadi, S.E.,M.A.P dalam sambutannya mengungkapkan Tim Penggerak PKK Kabupaten Melawi senantiasa selalu mengembangkan dan meningkatkan pembinaan serta pelatihan kepada para kader khususnya kader Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), kader posyandu, kader dasawisma, dengan harapan agar para kader tersebut dapat membawa masyarakat khususnya di kelompok-kelompok dasawisma ke arah perilaku yang lebih baik.

“Kami sangat antusias sekaligus mengapresiasi Tim Penggerak PKK Provinsi Kalimantan Barat yang telah menempatkan desa-desa dan kecamatan untuk dapat mengikuti lomba-lomba di tingkat Provinsi Kalimantan Barat. Lomba ini tentunya menambah motivasi dan inovasi bagi desa-desa lainnya yang akan mendapat kesempatan juga dalam lomba-lomba berikutnya”, ungkapnya.

Lebih lanjut, Ny. Raisya mengatakan terkait lomba Satger PKK-Bangga Kencana-Kesehatan ini, Tim Penggerak PKK Kabupaten Melawi telah bekerjasama dan bersinergi dengan instansi terkait lainnya dalam mendukung lomba yang diadakan oleh Provinsi Kalimantan Barat ini.

“Tentunya semua masukan dan saran dalam penilaian ini akan kami terima sebagai pedoman kami untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat khususnya di bidang pembangunan kesehatan. Kami ucapkan terima kasih Tim penilai, masyarakat desa Beloyang dan desa Poring, serta seluruh pihak yang telah menyukseskan penilaian lomba ini”, ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Tim Penilai dari Provinsi Kalimantan Barat, Hj. Ida Nurul Aini mengatakan lomba Satger PKK-Bangga Kencana-Kesehatan tingkat Provinsi Kalimantan Barat bertujuan mewujudkan keluarga dan lingkungan yang sehat melalui bidang kesehatan, kelestarian lingkungan, dan perencanaan sehat. Dan tahun 2022 ini difokuskan pada penurunan angka stunting di Kalimantan Barat.

“Kami tim penilai terdiri dari 8 orang, terdiri dari BKKBN Wilayah Kalimantan Barat, Dinas Kesehatan, dan Tim Penggerak PKK Provinsi. Dan kami mengucapkan terima kasih atas penyambutan yang sangat baik di Kabupaten Melawi”, ujarnya.

Sementara itu, Bupati Melawi, H. Dadi Sunarya Usfa Yursa dalam sambutannya mengatakan Satger PKK-Bangga Kencana-Kesehatan merupakan bentuk intensifikasi peran PKK dalam program KB Nasional dan pembangunan kesehatan. Kegiatan ini menurutnya dilaksanakan secara terpadu lintas instansi.

“Kegiatan ini merupakan salah satu momentum penting untuk meningkatkan kepedulian dan peran serta stakeholder pembangunan terhadap upaya kesejahteraan masyarakat melalui program PKK, PHBS, serta pemeliharaan lingkungan”, ungkapnya.

Lebih lanjut, Bupati mengatakan Tim Penggerak PKK memiliki peran utama dalam mewujudkan keluarga yang sejahtera, dimana peran utama PKK yang selalu bergiat dalam setiap upaya membangun kesadaran perempuan terhadap diri sendiri sebagai awal bagi kesehatan keluarganya.

“Atas nama Pemkab Melawi, saya sangat menghargai dan memberikan apresiasi yang tinggi kepada para ibu-ibu PKK yang telah dan terus berperan aktif melibatkan diri dalam upaya peningkatan kesehatan dan kesejahteraan keluarga”, katanya.

Bupati juga berharap melalui lomba ini, Tim Penggerak PKK baik di tingkat Kabupaten, Kecamatan, dan desa nantinya dapat mengetahui dan memahami program-program kependudukan KB, pembangunan keluarga dan kesehatan sehingga dapat melaksanakannya dengan semakin baik.

“Tentunya kami berharap Kabupaten Melawi akan dapat meraih hasil yang terbaik pada lomba ini. Desa Beloyang memiliki berbagai fasilitas penunjang kesehatan yang baik, seperti ambulans desa, lingkungan yang bersih dan sehat, termasuk perilaku PHBS masyarakatnya”, ungkap Bupati.

“Namun bukan hanya gelar saja yang ingin kita raih, yang terpenting adalah bagaimana kita bisa meningkatkan motivasi segenap tim dari jajaran PKK dan OPD terhadap program PKK-Bangga Kencana-Kesehatan ini”, tutupnya.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Ketua DPRD Kabupaten Melawi, Hendegi Januardi Usfa Yursa, Kapolres Melawi, Sekda Melawi, Anggota DPRD Kabupaten Melawi, Para Kepala OPD, Camat se-Kabupaten Melawi, Kepala Desa, Tim Penggerak PKK Kabupaten Melawi, dan masyarakat desa Beloyang. (Frz/Bgs).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed