by

Bupati Melawi Bersama Istri Panen Padi

Melawi, Mediakalbarnews.com – Bupati Melawi H. Dadi Sunarya Usfa Yursa bersama istri Ny. Raisya Sarbina menghadiri panen padi bersama musim tanam rendengan 2020 pada Kelompok Tani Bulai Bersama di Desa Domet Permai, Kecamatan Ella Hilir. Rabu (10/03/21).

Pada kesempatan itu Bupati Melawi bersama istri melakukan panen padi didampingi Wakil Ketua I DPRD Melawi, Anggota DPRD Kabupaten Melawi Daerah Pemilihan Ella Hilir dan Menukung, sejumlah kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Melawi, Kapolsek dan Danramil Ella Hilir, serta tamu undangan lainnya

H. Dadi Sunarya mengatakan pertanian merupakan salah satu program prioritas dari pemerintah pusat, yang juga termasuk dalam program prioritas pemerintah daerah Kabupaten Melawi saat ini selain pembangunan infrastruktur.

Dikatakannya, kegiatan panen bersama tersebut untuk mendukung ketersediaan pangan dalam menghadapi pandemi Covid-19 serta menjadi target swasembada beras di Kabupaten Melawi.

“Saya ingin Melawi bisa swasembada pangan kedepannya. Pertanian menjadi salah satu prioritas kami. Pertanian menjadi prioritas saya dan Pak Wakil Bupati, Pak Kluisen, selain infrastruktur”, ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut, Bupati juga meminta Kepala Dinas Pertanian untuk segera memetakan kawasan pertanian yang ada di Kabupaten Melawi agar program di bidang pertanian bisa maksimal dan optimal dilaksanakan.

“Saya minta pak Kadis untuk memetakan kawasan pertanian kita, mendata kebutuhan para kelompok tani terkait apa saja yang dibutuhkan, dan jangan lupa untuk terus mendampingi dan membina para kelompok tani kita”, pintanya.

“Kedepan, Kabupaten Melawi harus memiliki perusahaan daerah yang bergerak di bidang pengelolaan hasil pertanian. Saya berencana ingin mendirikan perusahaan tersebut. Nantinya perusahaan daerah tersebut bisa membeli beras dari para petani kemudian di branding atau di kemas ulang dengan merk asli Melawi, dan beras asli Melawi itu harus dipatenkan. Ini akan membantu menaikkan kesejahteraan para petani kita, dan tentunya juga akan menjadi Pendapatan Asli Daerah untuk Pemerintah Daerah”, ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Melawi, Oslan Junaidi mengatakan panen bersama tersebut merupakan panen perdana musim tanam rendengan tahun 2020 oleh kelompok tani Bulai Bersama di Desa Domet Permai.

Ditambahkannya, lahah sawah kelompok tani bulai bersama seluas 40 hektar dengan penambahan area tanam baru 10 hektar sehingga total saat ini seluas 50 hektar, namun untuk panen perdana tersebut seluas 10 hektar.

Oslan juga mengatakan Pemerintah Daerah telah memberikan bantuan dan pendampingan kepada kelompok tani bulai bersama, termasuk ubinan 4,32 ton per hektar. Kedepannya, Oslan berharap pemerintah daerah bisa mengalokasikan dana untuk penambahan pembangunan embung, cetak sawah, serta bantuan pupuk untuk petani.

“Mudah-mudahan dibawah kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati sekarang bidang pertanian akan semakin maju dan Melawi bisa swasembada beras”, ungkapnya.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Ketua kelompok tani bulai bersama, Jamad mengungkapkan terima kasih atas dukungan pemerintah daerah selama ini untuk mengembangkan pertanian. Menurutnya, dengan adanya dukungan pemerintah daerah, masyarakat akan semangat untuk mengembangkan pertanian agar tidak membakar lahan.

“Kami sangat senang karena dukungan yang cukup besar kepada kelompok tani kami, sehingga kami terus semangat mengembangkan pertanian dengan cara tidak membakar lahan. Kedepannya kami berharap bantuan pemerintah untuk perbaikan infrastruktur pertanian serta draine untuk meningkatkan hasil pertanian kami”, ujarnya.

Sumber : Humas Pemkab Melawi

Publis : Bagus Afrizal

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed