by

Bupati Sanggau Ajak Masyarakat Sanggau Manfaatkan Fasilitas Kesehatan di Gedung RSUD Baru

SANGGAU, Media Kalbar

Bupati Sanggau Paolus Hadi mengajak masyarakat Sanggau yang ingin mendapatkan pelayanan kesehatan datang dan memanfaakan fasilitas Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) M. TH. Djamen di Komplek Sabang Merah Semboja, Kelurahan Bunut.

Ajakan tersebut disampaikan Paolus Hadi ketika meresmikan gedung baru poli pelayanan rawat jalan (PRJ) RSUD M. TH. Djamen Sanggau tipe B di Jalan Jendral Sudirman Kelurahan Bunut Kecamatan Kapuas, Kabupaten Sanggau, Senin (25/9/2023).

Paolus Hadi didampingi Wakil Bupati dan Sekda Sanggau juga Forkopimdan juga meninjau ke dalam gedung RSUD dan memeriksa tiap tiap ruangan yang ada. Paolus juga turut menyapa sejumlah pasien rawat jalan.

Paolus Hadi mengucapkan terima kasih kepada Kementrian Kesehatan RI yang telah memberi izin opreasi RSUD M. TH. Djamen Sanggau di gedung baru. Meski izin operasi gedung baru masih berinduk di RSUD M. TH Djamen Sanggau yang lama di Kelurahan Beringin, namun Kementerian Kesehatan RI memberi izin oprasi selama satu tahun kedepan untuk RSUD M. TH. Djamen merelokasi seluruh fasilitas utama RSUD ke Gedung RSUD yang baru. Ini menjadi tantangan besar Pemkab Sanggau menyelesaian fasilitas rawat inap yang saat ini sedang dalam pengerjaan.

“Selain itu harus didukung juga oleh sumber daya manusia (SDM) di bidang kesehatan, seperti dokter umum dan dokter sepesialis, semua harus kita penuhi,” kataPaolus Hadi.

Sementara Itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sanggau, Ginting mengatakan RSUD. M. TH. Djamen yang baru diresmikan ini menjadi RS rujukan regialonal. Nantinya akan menangani pasien rujukan dari kabupaten-kabupaten terdekat.

“RSUD M. TH. Djamen nanti akan melayani pasien rujukan dari berbagai daerah seperti Kabupaten Sekadau, Landak dan lainya,” jelas Ginting.

Menurut Ginting, saat ini RSUD M. TH. Djamen Sanggau memiliki 18 dokter sepesialis dan 15 dokter umum. Meski demikian, kebutuhan dokter spesialis masih dirasakan Pemkab Sanggau telah mengusulkan ke Kementrian Kesehatan untuk menambah kekurangan SDM kesehatan di Kabupaten Sanggau.

“Kita juga telah memberikan beasiswa pada putra daerah untuk menempuh pendidikan di bidang kesehatan, seperti dokter umum maupun dokter sepesialis, Selain itu juga kita menyiapakan insentif yang menarik supaya trnaga kesehatan itu berminat mengabdi di Sanggau,” ujar Ginting.

Meski begitu Ginting berharap ada kebijakan dari pemerintah pusat agar membantu daerah-daerah yang masih mengalami kekurangan tenaga kesehatan.

Sementara Dirut RSUD M. TH. Djamen Sanggau, Edi Prabowo merasa bersyukur dan berterimakasih kepada pemerintah Kabupaten Sanggau yang telah mengalokasikan dana yang cukup besar untuk dunia Kesehatan di daerah ini.” Pungkasnya.(matnaji)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed