by

Bupati SDR Tanam Sorgum di Jagoi Babang

Bengkayang, Media Kalbar

Bupati Bengkayang, Sebastianus Darwis, SE.,MM (SDR) bersama Dansatgas Pamtas Yonif Mekanis 643/WNS melakukan penanam perdana Sorgum di Kecamatan Jagoi Babang, Senin (5/7). Penanaman ini sebagai upaya untuk mendukung program Food Estate diwilayah perbatasan RI.

Dansatgas Pamtas Mekanis 643/WNS, Letkol Inf. Hendro Wicaksono, S.IP tujuannya adalah untuk mengedukasi sekaligus mensosialisasikan kepada masyarakat terhadap tanaman Sorgum.

Sorgum merupakan salah satu dari lima bahan pokok selain padi, gandum, jagung, kedelai. Rendah gula, bagus bagi penderita diabetes minuman, bahan ternak, gula serta dijadikan sebagai bahan bakar. Dapat menambah pendapatan masyarakat karena mampu mencapai angka 50rb/Kg.

Dansatgas menyampaikan terimakasih kepada Pemda Bengkayang, aparat yang hadir serta masyarakat yang bersedia agar lahannya diolah untuk menanam Sorgum dan berharap kedepan Sorgum menjadi salah satu tanaman yang dapat dikembangkan di Kabupaten Bengkayang

Lebih lanjut, Dansatgas menyampaikan bahwa pada hari ini dilakukan penanaman secara serentak oleh 29 pos yang berada dibawah komando untuk menanam Sorgum. Semoga program ini mendapat dukungan semua pihak dan berhasil.

Sementara, Bupati Bengkayang memaparkan bahwa saat ini Sektor pertanian menjadi salah satu sektor yang masih stabil selama masa pandemi. Dan sesuai dengan arahan Presiden, agar masyarakat/petani untuk mengembangkan potensi-potensi pertanian. Bahkan kedepan sektor ini dapat menjadi sektor unggulan yang mampu menopang ketahanan pangan dunia.

Bengkayang sebagai daerah yang paling subur di Kalimantan Barat, pengembangan tanaman Sorgum merupakan salah satu potensi yang dapat dikembangkan. Sorgum dapat dimanfaatkan sebagai makanan pengganti nasi/gandum, lem, alat kosmetik.

Melalui kegiatan yang digagas oleh Satgas Pamtas 643/WNS ini, Bupati berharap tanaman Sorgum menjadi tanaman yang menjadi salah satu komoditas andalan masyarakat perbatasan RI-Malaysia dan sekitarnya. (Robertus/Remi/Kris/mk)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed