by

Burhanudin Abdullah Lantik 300 Pengurus LAKI Kabupaten Bandung Barat

Bandung, Media Kalbar

Hari ini sabtu 9 Desember 2023 bertepatan Peringatan Hari Anti Korupsi sedunia Ketua Umum DPP Laskar Anti Korupsi Indonesia (LAKI) Burhanudin Abdullah, SH melantik Pengurus DPC LAKI Kabupaten Bandung Barat beserta Pengurus 16 Koordinator Kecamatan dan 165 Koordinator Desa Se Kabupaten Bandung Barat Provinsi Jawa Barat.

Hadir dalam acara pelantikan Pengurus LAKI terbesar diakhir tahun 2023 tersebut Bupati Bandung Barat, Drs. Arsan Latif, MSi., Ketua DPRD, Polres, Kejari, TNI , Unsur OPD, Tokoh Masyarakat, Pemuda dan Jajaran Lingkungan Pemda Kabupaten Bandung Barat.

Salah Satu Direktur Bid Penmas KPK RI Juga turut memberikan Pembekalan kepada Para Pengurus LAKI yang jumlahnya 300 orang.

Baik PJ Bupati Bandung Barat dan KPK RI memberikan apresiasi atas semangat LAKI yang sudah berusia 16 tahun mengabdikan dirinya sebagai lembaga yang fokus memberantas dan Mencagah Korupsi. Harapannya moga dengan laki yang tetap memiliki eksistensi dan komitmen selalu bersinergisitas bersama Pemerintah dan Penegak Hukum untuk bersatu melawan Korupsi. Sehingga mampu mewujudkan Indonesia yang bebas Korupsi.

Dalam pelajaran nya KPK menjelaskan bahwa selama tahun 2004-September 2023 ada 1.481 perkara Tipikor yang ditangani KPK, dimana terbanyak pemerintah pusat 479 perkara, Jawa 446 perkara, untuk Kalimantan 73 perkara, yang melibatkan 1.479 Instansi. Pelaku ada 1.648 pelaku yaitu laki-laki 1.451 dan perempuan 141.

Modus korupsi terbanyak Gratifikasi atau penyuapan 967, PBJ/KN 331, kemudian TPPU, penyalahgunaan anggaran,  pungutan/pemerasan, dan merintangi proses KPK.

Burhanudin Abdullah menyarankan kepada KPK RI Untuk mendorong Eksekutip dan Legislatif untuk memperjuangkan agar segera Merivisi UU Tipikor yang Burhan lihat belum mampu membuat efek jera bagi pelaku korupsi untuk tetap tidak melakukan korupsi. ” Karena Hukumnya sangat Lemah. Karena itu untuk koruptor takut harus UU Tipikor di perkuat.” Jelas Burhan.

KPK RI memuji ormas LAKI yang tidak pernah lemah dalam mendukung program pemerintah dalam pemberantasan dan Pencegahan Korupsi. Karena itu KPK minta kepada Ketua Umum LAKI Untuk menyiapkan tenaga penyuluh anti Korupsi.

“Acara Pelantikan yang dihadiri 300 Pengurus dari Jajaran tingkat Kabupaten sampai tingkat Kordinator Desa merupakan pelantikan terbesar di akhir tahun 2023 ini. Belum pernah saya lakukan kayak gini.” Tutur Burhan.

Harapannya agar setiap daerah dapat melakukan hal yang sama . Sehingga anggota LAKI terus hadir pada setiap pelosok tanah air untk melakukan Pengawasan terhadap Penggunaan anggaran negara dan daerah agar tepat sasaran.

Dalam peringatan Hari Anti Korupsi sedunia 9 Desember 2023 ini DPP LAKI telah menyerukan kepada Pengurus Jajaran dari Tingkat Pusat sampai ke Daerah untuk memasang spanduk bertuliskan Siaga Pemilu 2024 dengam mendukung Netralisasi ASN, Polri, TNI dan Kejaksaan dalam Pemilu 2024 agar terwujud Pemilu yang berintegtitas, jurdil, bebas, Demokrasi dan anti Money Politik. “Sehingga melahirkan pmimpin yang amanah, jujur dan adi kepada Rakyat.” Tegasnya.

Ketua LAKI Kabupaten Bandung Barat di pimpin oleh Gunawan Rasyid yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Bandung Barat. Acara diakhiri dengan foto bersama. (Amad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed