by

Dinas Kesehatan Sanggau; Waspada Gigitan Nyamuk Culex Pembawa Virus JE Sebabkan Radang Otak

SANGGAU ,Media Kalbar

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sanggau Ginting, menghimbau agar masyarakat Sanggau mewaspadai penularan virus Japanese Encephalitis (JE) ditularkan melalui gigitan nyamuk culex terinfeksi virus JE yang mengakibatkan radang otak. Hal itu disampaikan mengingat infeksi virus JE berakibat fatal bagi manusia yang terinfeksi.

“Meski sampai sekarang belum ada laporan kasus radang otak akibat virus JE di Sanggau, tetapi kita tahu kalbar adalah daerah endemis kedua di Indonesia setelah Bali, jadi secara umum kita (kalbar) merupakan daerah endemis,” Kata Ginting saat ditanya sejumlah Wartawan belum lama ini.

Ia juga menjelaskan, salah satu upaya pencegahan yang dilakukan oleh pemerintah yakni dengan kebijakan Kemenkes yang melakukan imunisasi anak-anak rentan tertular virus JE yang mengakibatkan radang otak.

“Dengan kebijakan kemenkes, kita mengadakan imunisasi massal kepada anak-anak usia 9 bulan sampai dibawah 15 tahun,”Terang Ginting.

Dengan dilakukan imunisasi massal diharapkan usia rentan terinfeksi radang otak yang diakibatkan gigitan nyamuk culex pembawa virus JE bisa kebal dan teratasi.” Pungkasnya.
(MJ)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed