by

Dinkes Provinsi Kalbar Laksanakan Test GeNose Gratis Untuk Santri

Pontianak, Media Kalbar

“Mulai hari ini Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat diminta Oleh Ketua Satgas Penanganan Covid Kalbar, Bapak Gubernur Kalbar untuk melaksanakan test GeNose gratis bagi santri yang akan kembali mondok ke luar Kalbar.”

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar, dr. H. Harisson, M. Kes., di Pontianak, Jumat (21/5/21) Pagi.

Disamapaikan bahwa Pelayanan Test GeNose tersebut dilaksanakan di Bandara Supadio.

“Hari ini dilaksanakan test terhadap santri calon penumpang pesawat udara sebanyak 142 orang yang berasal dari Pondok Pesantren Gontor Jatim.” ujarnya.

Diharapkan test GeNose ini akan meringankan biaya para santri untuk kembali mondok di luar Kalbar, “dan kita berharap agar mereka semua negatif sehingga dapat terbang ke Jawa atau ke daerah lain tempat mereka nyantri.” kata Harisson.

Di terangkan bahwa Hal ini sesuai dengan Addendum SE Kasatgas Pusat No. 13 tahun 2021 dimana pelaku perjalanan transportasi udara wajib menunjukkan salah satu nya surat keterangan hasil negatif tes GeNose C19 di Bandar Udara sebelum keberangkatan sebagai persyaratan perjalanan dan mengisi e-HAC Indonesia.

“Makanya kami melaksanakan pelayanan tes GeNose C19 gratis bagi santri yang akan terbang di Supadio. Tidak dilakukan di tempat lain.” tandasnya.
Dinas Kesehatan juga melaksanakan pemeriksaan swabs PCR ulang di terminal kedatangan bandara supadio terhadap penumpang yang surat keterangan PCR nya diragukan, antara lain yang tidak pakai barcode atau pakai barcode tapi tidak bisa dipindai.

Disampaikan Untuk kegiatan hari ini terdaftar 2 pondok, 1 orang Santri pondok dalwa dan 142 orang Santri pondok modern gontor, dimana 142 untuk keberangkatan menggunakan maskapai citylink jam 11.30. (amad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed