by

Dispangbun Melawi Dukung KWT Melalui Program KRPL di Desa Desa Kompas Raya

Melawi, Mediakalbarnews.com – Dinas Perkebunan dan Pangan Kabupaten Melawi melakukan pembinaan kepada Kelompok Wanita Tani Cahaya Utara dan Kompas Raya Permai di Desa Kompas Raya Kecamatan Pinoh Utara Kabupaten Melawi, Kamis (02/09/2021).

Kelompok Wanita Tani (KWT) Cahaya Utara dan Kompas Raya Permai merupakan kelompok Ibu-Ibu pemanfaat lahan pekarangan yang mendapat pembinaan dari Dinas Perkebunan dan Pangan Kabupaten Melawi melalui Program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) yang merupakan penerusan Program Nasional dari Kementerian Pertanian di tahun 2020 dan berubah nomenklaturnya menjadi Pekarangan Pangan Lestari (P2L).

Kepala Dinas Perkebunan dan Pangan Kabupaten Melawi Dr, Daniel, S.P. MM melalui Sukardi mengatakan bagi dinasnya semangat memberdayakan masyarakat yang terorganisir dalam KWT adalah hal yang wajar dan senantiasa dilakukan dengan semangat.

“Hal ini dilakukan sedari dulu yang digerakkan oleh Penyuluh Pertanian Lapangan lebih-lebih lagi di saat Pandemi Covid 19 semacam ini,” kata Sukardi.

Dinas Perkebunan dan Pangan Kabupaten Melawi berkomitmen dirinya akan terus berupaya mendorong dan mendukung KWT dalam pemanfaatkan perkarangan rumah.

“Pemikiran sederhana yang yang menjadi konsep pemberdayaan kami adalah bahwa jika semua ibu ibu di setiap rumah tangga masing masing mengolah lahan pekarangan yang luasnya minimal 20 meter persegi dengan menanami berbagai jenis tanaman pangan baik umbi-umbian seperti ubi jalar, ubi kayu, keladi dan sayur sayuran sepereti bayam, kangkung, terong, cabe serta rimpang rimpangan seperti jahe, lengkuas, sereh. Saya pikir kebutuhan dapur rumah tangga lebih dari 30 persen akan dihasilkan dari pekarangan sendiri dan tentunya ketahanan pangan,” terangnya.

Kepala Desa Kompas Raya Sahrani,S.A.P,  mengharapkan agar warganya yang tergabung dalam KWT Cahaya Utara dan Kompas Raya Permai ini semakin giat dan semangat untuk memanfaatkan lahan pekarangan.

“Jangan memandang sepele bahwa dengan menanami lahan pekarangan yang sempit tersebut akan menjadikan rumah tangga kita semakin rukun dan sejahtera karena kebutuhan pangan keluarga senantiasa terjamin,” pungkasnya.

Sahrani berharap senantiasa semangat dan bergairah untuk mengajak Ibu Ibu (warganya) untuk mengolah dan memanfaatkan lahan pekarangan menjadi lahan produktif yang selain bisa menghasilkan pendapat rumah tangga juga menjadikan pekarangan asri dan enak dipandang, dan tidak mustahil lahan ini nantinya menjadi tempat berkunjung kelompok kelompok lain dari luar daerah.

Ketua TP-PKK Desa Kompas Raya PONISAH,A.Md mengatakan Pemanfaatan perkarangan melalui gerakan halaman asri teratur, indah dan nyaman (Hatinya PKK), merupakan salah satu upaya pemenuhan kebutuhan pangan dan gizi serta sumber pendapatan yang terus digalakkan tim penggerak PKK. Kami sangat Berterimakasih atas Kunjungan dari TP-PKK Kabupaten Melawi dan Dinas Perkebunan dan Pangan.

Kegiatan silaturrahmi ini diakhiri dengan Panen Sayuran Kangkung yang hasilnya cukup memuaskan sekalipun ditanam pada sebidang lahan percontohan yang tidak begitu luas. (Bgs)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed