by

Dorong Potensi SDM, Diskumindag Gelar Lomba Desain Motif Tenun dan Cipta Souvernir Khas Sambas

Sambas, Media Kalbar – Dalam rangka memperingati HUT ke-392 Kota Sambas dan perpindahan Ibukota Kabupaten Sambas ke-24, Pemerintah Kabupaten Sambas melalui Dinas Koperasi, UMKM, Industri dan Perdagangan (Diskumindag) menggelar lomba Desain Busana Tenun, Lomba Desain Motif Tenun Sambas, dan Lomba Cipta Souvenir Khas Sambas.

Kadis Kumindag, Hermanto mengatakan kegitatan tersebut merupakan upaya dari Pemerintah Kabupaten Sambas dalam memeriahkan perayaan HUT Kita Sambas dan perpindahan Ibukota Kabupaten Sambas yang dilaksanakan oleh Diskumindag bekerjasama dengan Disparpora dan Disdikbud Kabupaten Sambas.

“24 tahun sudah Ibukota Kabupaten Sambas kembali ke kota Sambas dan sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, peringatan hari jadi kota Sambas, HUT perpindahan Kabupaten Sambas dan HUT kemerdekaan RI meriah dengan beberapa kegiatan yang dilakukan Pemkab Sambas,” kata Hermanto.

Hermanto menjelaskan, bahwa Lomba desain busana tenun Sambas diikuti oleh 19 peserta yang merupakan ketua TP PKK Kecamatan sedangkan lomba desain motif tenun diikuti oleh 7 peserta. Menurutnya semua lomba yang digelar ditujukan untuk melestarikan SDM dan budaya yang ada di Kabupaten Sambas.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mengangkat dan menumbuhkan kreatifitaa masyarakat Kabupaten Sambas dalam mengelola dan melestarikan sumber daya alam dan budaya yang ada di Kabupaten Sambas,” pungkas Hermanto.

Adapun juara lomba desain motif tenun Sambas dimenangkan oleh, Nurleli Juara 1 dengan motif tabur bunga matahari, Nurlela Juara 2 dengan motif bunga kencur, dan Hernawati Juara 3 dengan motif bawang Dayak. Sedangkan untuk juara lomba desain busana tenun Sambas yakni, Juara 1 Fajar Sidik, Juara 2 Narti, dan Juara 3 Indrawati.

Sementara itu, pemenang lomba cipta souvernir khas Sambas adalah Juara 1 dari Kecamatan Jawai Selatan, Juara 2 dari Kecamatan Jawai, Juara 3 dari Kecamatan Semparuk.(Rai)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed