by

DPD Apkasindo Melawi Gelar Rakerda Ke-I Disaksikan Langsung Oleh Ketua DPP Melalui Virtual Zoom

Melawi, Mediakalbarnews.com – Dewan Pimpinan Daerah Asosiasi Petani kelapa Sawit Indonesia ( DPD APKASINDO ) Kabupaten Melawi Periode 2019 – 2022 laksanakan Rapat Kerja Daerah Ke-I Tahun 2021 sekaligus melantik Dewan Pimpinan Unit ( DPU ) Apkasindo Kecamatan sayan untuk Periode : 2021-2026. di Pendopo Rumah Jabatan Bupati Melawi. Rabu (7/4/21) siang.

Rapat Kerja Daerah DPD Apkasindo Kabupaten Melawi dibuka oleh Kepala Dinas Pangan dan Perkebunan Kabupaten Melawi, Dr. Daniel, SP.,MM mewakili Bupati Melawi, disaksikan lansung oleh Ketua DPP Apkasindo Ir. Gulat Medali Emas Manurung, M.P melalui virtual Zoom, dihadiri langsung Ketua DPW Apkasindo Kalbar, Indra Rustandi, S.M  beserta seluruh pengurus DPD Apkasindo Kabupaten Melawi, DPU Apkasindo Kecamatan Sayan dan tamu undangan lainnya.

Dalam pidato sambutannya, Ketua DPD Apkasindo Kabupaten Melawi, Sopian Hadi S.Sos, M.Si, mengatakan, hadirnya DPU Apkasindo Kecamatan Sayan tidak lain tujuannya untuk turut serta membangun kemandirian petani kelapa sawit dan membantu mensejahterakan petani melalui kesamaan harga komoditas sawit sesuai dengan harga yang ditetapkan oleh Pemerintah.

“ Kegiatan hari ini adalah merencanakan program kerja untuk tahun 2021.Program utama yang akan kita lakukan adalah pembentukan DPU disetiap kecamatan, walaupun sekarang baru ada DPU Sayan yang baru dilantik semoga kedepannya bisa kita bentuk kecamatan lainnya,”ungkap Sopian Hadi.

Dalam sambutan sekaligus pembukaan acara oleh Kepala Dinas Pangan dan Perkebunan Kabupaten Melawi, Daniel mengatakan bahwa dalam pembangunan perkebunan di Melawi, asosiasi mempunyai peran penting dalam memajukan perkebunan. Oleh sebab itu kedepan asosiasi hendaknya dapat menciptakan hubungan yang baik dan dapat bekerja sama secara serius baik dengan Dinas Perkebunan, perusahaan maupun petani.

“ Harapan kami hendakya asosiasi dapat menciptakan hubungan yang harmonis dengan petani artinya petani dapat mengenal asosiasi komoditi yang ada dan dapat menjadi tempat penyampaian aspirasi dalam pembangunan perkebunan. Buatlah program dan kegiatan yang akan memajukan perkebunan serta memberikan kesejahteraan kepada petani perkebunan di Kabupaten Melawi, “ pinta Daniel.

Ketua DPW Apkasindo Kalimantan barat Indra Rustandi, S.M meyampaikan bahwa Rapat kerja daerah (Rakerda) Apkasindo Kabupaten merupakan amanah anggaran dasar dan anggaran rumah tangga, merupakan perangkat Organisasi yang berfungsi untuk menetapkan arah pergerakan Apkasindo kabupaten .

“ DPW Apkasindo Kalimantan Barat telah melaksanakan Rapat kerja wilayah ( Rakerwil ) , harapan kami dapat bersinergi dengan semua pihak, termasuklah DPD Apkasindo kabupaten Melawi agar Apkasindo dapat bermanfaat bagi masyarakat pada umumnya dan khususnya bagi petani kelapa sawit. Kami juga berharap DPD Apkasindo kabupaten Melawi Dapat bersinergi dengan semua pihak agar Apkasindo berdaya khususnya di melawi ini, “ pesannya.

Masih menurut Ketua DPW Konsolidasi organisasi  guna memembentuk  setiap DPD APKASINDO di tiap  kabupaten/ kota yang ada petani sawit dikalimantan barat ada 14 kabupaten/kota kecuali kota Pontianak. Mendorong DPD APKASINDO membentuk DPU APKASINDO disetiap kecamatan. Meningkatkan dan memberdayakan sumberdaya manusia Petani kelapa sawit berupa Pelatihan  Petani  dan    Kelembagaan  petani  sawit hasil kerjasama APKASINDO – FE UI – BPDP KS. Bea  siswa  anak  –  anak  petani  sawit  hasil

kerjasama APKASINDO – STIPER  – BPDP KS. Kita sedang menyiapkan program terbaru untuk  Meningkatkan dan memberdayakan sumberdaya Petani kelapa sawit , kerjasama dengan SMK PDN  Sanggau – Untan dan GAPKI. Mempasilitasi , Menyuarakan kepentingan petani  dengan perusahaan, petani dengan Pemerintah. Berupa pendampingan PSR dan Pendampingan Petani, kelompok tani dan Koperasi. Harapan  kami  kepada  semua  pihak  ,  mari  kita  saling mendukung  dalam  rangka mewujudkan  Petani  kelapa  sawit sejahtera,  adil dan Makmur, “ ucapnya.

Sementara Ketua DPP Apkasindo Ir. Gulat M E Manurung, M.P melalui virtual zoom menyampaikan bahwa Kalimantan Barat merupakan Provinsi ke 3 terluas kebun sawit nya, setelah Riau dan Sumatera Utara. Dan Kabupaten Melawi adalah salah satu Kabupaten terluas perkebunan sawitnya di Kalbar dengan jumlah korporasi 21 Perusahaan dan perusaan-perusahaan ini merupakan perusahaan-perusahaan besar, sedangkan perkebunan sawit rakyat plasma dan swadaya mencapai sekitar 15% dari total luas sawit di Melawi.

“ Sudah saatnya Melawi sebagai juaranya perkebunan sawit di Kalbar. Bangunlah dari tidurmu Petani sawit Melawi, raih kesetaraan mu Petani Melawi bersama 144 DPD APKASINDO  kabupaten kota lainny Se-Indonesia. PSR adalah cara kita Petani menuju kesetaraan, biarlah diawalnya susah dalam pemberkasan adm nya tapi 25 tahun kemudian kita akan dijaga sawit PSR melalui panen yang 3x lipat dari sebelumnya. Ini semua tugas berat dari Kepengurusan DPD Apkasindo Kabupaten Melawi yang baru dilantik, jangan pernah menyerah, jadilah Jembatan petani menuju Kesetaraan Petani Sawit Melawi bersama Pemkab Melawi dan DPW Apkasindo Kalbar yang di Pimpin oleh Pak Indra. Selamat dan sukses, “ tutupnya.

Kegiatan rapat kerja diisi dengan laporan pertanggungjawaban tahun 2020 serta tanggapan-tanggapan, dan siding komisi program kerja kedepan DPD Apkasindo Kabupaten Melawi.

Penulis/Publis : Bagus Afrizal

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed