by

DPP FKBI Gelar Silaturahmi Antara Orang Bugis

Pontianak, Media Kalbar

Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Forum Komunikasi Oranga Bugis Indonesia (FKBI) Gelar Pertemuan Untuk Mempererat Tali Silaturahmi dengan tetap memperhatikan Protokol Kesehatan Covid-19 acara ini berlansung di Gedung Laskar Anti Korupsi Indonesia (LAKI) Kalbar di Jalan Pramuka TPI Komplek PHK No.169 Pontianak Pada Hari Selasa(01/06/21)Malam, dengan mengusung Tema Bersatu kita bisa.

Kegiatan ini di hadiri langsung oleh Ketua Umum FKBI, Burhanudin Abdullah, Sekretaris Jendral Marupek.S.Sos. hadir juga Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kubu Raya Ir.Usman, Sekretaris Kerukunan keluarga Sulawesi Selatan(KKSS)DR.Rahmat M.AG wakil sekretaris DPW KKSS Kalbar, Forum Komunikasi Orang Bugis (FKOB) yang di wakili oleh Zulkarnaen, Ikatan Keluarga Bugis Kalimantan Barat (IKBK) Budiansyah Selaku Ketua Umum. Idi Pada Idi (IPI) yang diwakili.oleh Zainal Abidin selaku penasehat IPI, juga dihadiri Tokoh/Intelektual Bugis.

“Dalam pertemuan ini tentunya untuk saling Mempererat tali silaturahmi dari Keluarga Bugis Sedunia yang berada di Provinsi Kalimantan Barat,” Ucap Ketua Umum FKBI Burhan

“Yang pastinya yang hadir saat ini yakni orang-orang yang bergabung dalam Komunitas Orang Bugis yang saat ini tinggal di Provinsi Kalimantan Barat.” lanjutnya

Ia juga mengatakan kegiatan ini tujuan nya untuk mempersatukan Bugis tanpa batas dengan harap agar momen ini nantinya bisa menjadi ajang untuk saling mempererat tali silaturahmi sesama anggota Kumunitas Orang Bugis Sedunia yang bergabung di masing masing Komunitas Orang Bugis.”Harapnya.

Burhan menambahkan melihat
Timbulnya komunitas komunitas Oarang Bugis dari kalimantan Barat,dan dedangan harapan dengan tumbuhnya beberapa jumlah komunitas yang ada di Kalimantan Barat ini kita ingin menyatukan persepsi dan konsepsi dalam rangka untuk menyatukan persamaan dan kebersamaan di dalam komunitas bugis kita ini untuk membangun kalbar,”Ucapnya.

‘Yaitu tujuan nya bagai mana kita bersatu seluruh komunitas Bugis yang ada itu bersatu Bersama-sama membangun kalbar dengan kondisi yang sangat kondusif.

“Ya maka nya kita melihat ini dengan adanya sekarang ini komunitas Bugis yang terbentuknya di kalimantan barat ini kita ingin mewujudkan dan ingin memberikan suatu apa nama nya kita memberikan sesuatu yang terbaik lah untuk kalimantan barat,

“Nah karna selama ini kita akui kalau ada andil yang besar dan diperlihatkan oleh masyarakat Bugis itu sendiri nah dengan adanya komunitas ini kita ingin membuktikan ingin membubuhkan bahwa dengan adanya Komunitas- komunitas yang ada ini untuk bersatu untuk memberikan sesuatu kontribusi terhadap pembangunan yang ada di kalimantan barat.”Kata Burhan.

“Ya sekarang misal nya begini kita kepingin untuk mengusung untuk membuktikan di kalimantan Barat ini adalah kita ingin mengusung bahwa etnis Bugis itu punya kemampuan juga untuk memimpin.”Tandasnya.

Jadi kita harapkan Bugis ini harus tampil pada setiap pilakada terutama pilkada pada provinsi Kalimantan Barat,Kabupaten,dan kota kita harus siap kan juga Orang orang Bugis yang akan mampu untuk bersaing dengan komunitas komunitas yang lain yang ada di kKalimantan Barat.”Ujarnya.

Dikatakannya Itu belum begitu terasa lembaga lembaga nya belum begitu terasa nah ini nanti kita satukan persepsi kita,kita kumpulkan lembaga lembaga ini untuk bersama sama menyatukan persepsi dalam rangka yang tadi itu berkontribusi kepada pemerintah,saudara saudara kita,orang orang bugis yang ada di kalimantan barat.

Sementara DR.Rahmat M.AG wakil sekretaris DPW KKSS Kalbar.dia mengatakan KKSS kan sudah di atur sebagai organisasi ritual organisasi Nasional bahkan sudah Go internasional jadi di Mana mana forum organisasi yang berakumulasi dengan suku yang ada di sulawesi selatan itu gabungnya ke KKSS,”Katanya.

“Yang di luar Negri pun begitu cuma KKSS tidak boleh terlalu mengekang orang orang Bugis ini kalau mereka mau membuat forum atau organisasi independen tentulah di hargai ada Alasan-alasan yang di maslah kan sehingga mereka berani independen,itu di hargai kita tidak melarang cuma pengurus KKSS terutama nya di DPW KKSS Kalimantan Barat.

Dia berharap supaya perbedaan organisasi itu tidak menimbulkan kegaduhan tidak menjelek kan yang lain supaya kebersamaan ini semangat bugis makasar,toraja,dan yang ada di Kalimantan Barat ini salah satu.jadi organisasi boleh Beda beda tapi semangat keetnisan persatuan itu harus tetap di jaga.

“Kalau itu nyata jadi dimiliki oleh semua orang bugis maka itu menjadi modal utama secara sosiologi untuk melakukan banyak hal terutama dalam membantu Pemerintah di Kalimantan Barat ini yang sedang program program pembngunan Pemerintah baik di tingkat provinsi maupun di kabupaten dan kota se-kalimantan barat.”Imbuhnya.

Dia juga mengatakan apa yang di sampai kan dan di gagas oleh Burhanuddin Abdullah beliau kan sebagai penggas nih kita apresiasi ini sangat bagus oleh karena itu harapan kita silaturahmi malam ini sebagai silaturahmi pertama perdana itu kita sepakat untuk melanjutkannya mungkin pertemuan satu bulan kita ketemu dengan pimpinan semua forum organisasi untuk membicarakan hal hal penting yang harus di lakukan kita semua,mungkin bulanan mungkin dua bulanan dan seterusnya,

Pada waktu Yang Sama Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kubu Raya Ir.Usman saat di wawancarai sejumlah wartawan dia menjelaskan Jadi kita di undang oleh pak Burhan ketua Bugis untuk silaturahmi dengan semua pimpinan organisasi Bugis yang ada di kalimantan barat.

“ya ini sesuatu yang langkah karna memang selama ini itu kita tidak bisa melarang karna itu juga dilindungi oleh Undang+undang ketika kelompok kelompok saudara saudara kita orang Bugis ini satu organisasi justru kalo kita tidak mainsien dengan baik ini bisa membuat kita terpecah belah,”Tegasnya.

“Seperti yang sudah di sampai kan tadi jangan sampai lembaga yang sudah ada ini merasa terpetak petak boleh kita membentuk lembaga tapi dengan tujuan yang sama dengan apa tadi kita harus sering sering berkomunikasi,”Harpnya.

“Mudah mudahan menjadi awal yang baik tidak ada lagi salah paham yang lainnya mungkin untuk menyatukan pikiran yang lain intinya lembaga yang kita dirikan ini memberikan manfaat bagi orang lain itu slah satu yang kita refisi kita investasikan Betu betul.

Berapa peluang Bugis yang ada di Kalimantan Barat sehingga dengan kekuatan kita yang ada ini lebih mudah dalam rangka memanajaga dari kalangan atas, intinya lembaga kita ini memberikan manfaat secara nyata bagi masyarakat kita.”Pungkasnya.(Tim.Mk)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed