by

DR. Ardiansyah Melantik Ketua DPD FKOB KKR Masa Bakti 2021-2024

Kubu Raya, Media Kalbar

Ketua Umum DPP Forum Komunikasi Orang Bugis (FKOB) Perovinsi Kalimantan Barat, Dr. Ardiansyah SH MH resmi melantik Jumger.A.MD sebagai Ketua DPD FKOB Kabupaten Kubu Raya (KKR).

Pelantikan dan pengukuhan tersebut berlansgung di Kediaman Ketua DPD FKOB di Desa Sungai Belidak Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya.Jum’at (16/4/2021).

Hadir dalam Kegiatan Pelantikan Ketua DPD FKOB Camat Sungai Kakap, Rusdety, SH, Kapolsek Sungai Kakap, Danramil Sungai Kakap Ketua Kpu Kabupaten Kubu Raya Karyadi, Kepala Desa Pal Sembilan Marhasan Kepala Desa Kalimas Murdi, Ketua DPW FKOB Deny, Wakil ketua DPP sayap FKOB Ibu Surhaini. S Kep., Laskar FKOB Tokoh Agama Tokoh masyarakat dan Tokoh Pemuda Desa Sungai Belidak

Dr.Ardiansyah SH MH Ketua DPP Forum Komunikasi Orang Bugis FKOB Perovinsi Kalimantan Barat mengatakan, “pengukuhan atau pelantikan yang dilaksanakan ini untuk menjelaskan bahwa kepengurusan DPD FKOB Kabupaten Kubu Raya sudah resmi untuk melakukan aktivitas dan kegiatan sesuai dengan aturan organisasi.”

lebih lanjut Ketua Umum DPP FKOB DR.Ardiansyah,SH, MH saat di wawancarai sejumlah awak media menjelaskan pelantikan ini merupakan bentuk konsilidasi internal forum komunikasi orang bugis khususnya di Kabupaten Kubu Raya.

“Setelah pelantikan DPD ini akan berkelanjutan pelantikan-pelantikan sampai ke DPC dan sampai ke sayap-sayap FKOB se Kabupaten Kubu Raya.” ujarnya.

Dijelaskan Ardiansyah bahwa FKOB terbentuk tidak lepas dari visi dan misi kita bagaimana melestarikan adat budaya Bugis yang mulai hilang dan mulai tertinggal maka dengan adanya keberadaan FKOB ini mulai bangkit pengenalan-pengenalan adat budaya bugis , apalagi di kubu raya mayoritas ini bugis maka kita perlu lestarikan adat budaya bugis.

Masih Kata Ardiansyah, bahwa FKOB sudah tiga tahun berdiri dan tidak putus kegiatan, selain kegiatan internal FKOB juga ada kegiatan yang bersinergi dengan Pemerintah.

“Misalnya kegiatan tahun ini kita mengadakan festival adat budaya bugis terbesar di Kalimantan Barat yang nanti pusatnya berada di Sungai Kakap. Kegiatan festival adat budaya bugis ini yang terbesar karena dengan anggaran ratusan juta yang akan di adakan di Kakap,” jelas Ardiansyah kembali.

Ardiansyah menambahkan, juga akan ada pemilihan bujang dare anak Ogi, ini merupakan kegiatan wisata yang sifatnya nasional karena siapa pemenangnya akan mewakili Kalbar dalam festival-festival pemilihan duta anak Ogi se Indonesia.

“Dan juga ada festival Tar terbesar kita akan memecahkan rekor Muri se Indonesia, dengan adanya festival Tar terbesar yang berpakaian adat yang akan dilaksanakan oleh FKOB. Tar merupakan aset budaya kita dan juga punya sejarah yaitu aset budaya orang bugis,” ungkap Ardiansyah.

Sementara itu Ketua DPD FKOB KKR Daeng Jumher, A.MD menambahkan dalam pelantikan ini akan membudayakan atau melestarikan adat budaya bugis di kabupaten Kubu Raya. Karena banyak adat istiadat bugis yang sampai saat ini makin lama makin dihilangkan sehingga sangat di sayangkan kalau adat budaya bugis jadi hilang begitu saja.

“Dengan adanya FKOB semata-mata untuk meningkatkan adat dan budaya bugis , yang ikut bergabung di dalam FKOB ini dari Kubu Raya , Kotamadya Pontianak bahkan sampai keluar daerah seperti Kabupaten Mempawah , Sanggau, Sintang, Ketapang dan Singkawang,” jelas Daeng Jumher.

Dijelaskan Daeng Jumher juga, bahwa visi dan misi dari FKOB yaitu Sipakatau artinya saling mengiyakan, sipakalebih artinya saling melebihi, Sipakainge artinya saling menghormati.

“Program kita setelah dilantik untuk FKOB kita akan mengembangkan sayap FKOB dari tingkat Desa sampai tingkat Kecamatan. Kita akan berusaha untuk melakukan kerja sama yg baik dengan bersinergi pada Pemerintahan Kabupaten Kubu Raya, dan akan menciptakan suatu kerukunan hidup antara sesama suku yang ada di Kubu Raya,” ungkap Daeng Jumher.

Ditambahkannya juga, untuk dukungan dari pemerintah sampai saat ini untuk melakukan aksi kegiatan pawai budaya pihaknya juga mengikuti dan di undangkan oleh Kabupaten Kubu Raya.

Jumher berharap untuk Kabupaten Kubu Raya agar bisa membantu juga kelemahan-kelemahan dari FKOB dari sisi anggaran agar kegiatan organisasi ini semakin berkembang,” harapnya.(Tim/MK)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed