by

Dwi Harnanto Gelorakan Pembangunan Zona Integritas di Rutan Putusibau

Kapuas Hulu, Media Kalbar

Terus genjot pembangunan Zona Integritas di Satuan Kerja Kanwil Kemenkumham Kalbar, Kepala Divisi Administrasi Dwi Harnanto didampingi Kepala Sub Bagian Program dan Pelaporan Kanwil Kemenkumham Kalbar Iwan Pramori beserta jajaran melaksanakan monitoring dan evaluasi pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) pada Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Putusibau pada Rabu (12/04/23).

Pada aspek peningkatan pelayanan publik Dwi melaksanakan peninjauan lapangan terkait kondisi sarana dan prasarana Rutan Putusibau. Dirinya menilai bahwa beberapa bagian prasarana Rutan Putusibau harus segera dilakukan pemeliharaan. “Demi meningkatkan pelayanan bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rutan Putusibau khususnya dan masyarakat secara umum. Kami memastikan kesiapan sarana dan prasarana dapat terus meningkat secara berkesinambungan,”jelasnya.

“Kemudian kondisi Barang Milik Negara (BMN) berupa kendaraan maupun sarana harus kita perhatikan dan segera dilakukan langkah solutif. Kondisi kendaraan yang sudah tidak baik lagi agar dilakukan penghapusan dan diusulkan didalam RKBMN,”tegas Dwi.

Selanjutnya Kepala Divisi Administrasi melakukan penguatan dan pembekalan pada pegawai Rutan Putusibau. “Penguatan dan pembekalan ini dimaksudkan untuk memperkuat Rutan Putusibau dalam hal memperoleh predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK). Upaya pemenuhan data dukung Rencana Kerja Tahunan (RKT) dan Lembar Kerja Evaluasi (LKE) WBK/WBBM harus terus dibangun karena dalam Kriteria Pengajuan Usulan ZI Menuju WBK/WBBM menurut Permenpan RB Nomor 90 Tahun 2021 tertulis bahwa satuan kerja yang diusulkan adalah satuan kerja yang sudah melakukan pembangunan ZI menuju WBK minimal satu tahun,” pesan Kadiv Administrasi.

Disisi lain, Dwi mengapresiasi kebersihan lingkungan pada Rutan Putusibau. Beliau berharap agar kebersihan lingkungan tersebut dapat dipertahankan dan ditingkatkan.

Iwan Pramori juga menambahkan agar masing-masing pokja WBK/WBBM mempersiapkan program kerja sehingga pada saat pengumpulan data dukung lebih tertata dengan baik dan sesuai dengan format yang diperlukan.

Kegiatan monitoring dan evaluasi tersebut dilanjutkan dengan kegiatan berbuka puasa dan sholat Isya dan Tarawih bersama Warga Binaan Pemasyarakatan bersama di Rutan Putusibau. Berkesempatan menyampaikan kuliah tujuh menit (kultum) Dwi Harnanto berpesan kepada WBP untuk memperbanyak doa serta mendukung Rutan Putusibau dalam menjaga situasi yang kondusifitas demi keamanan dan kenyamanan bersama. (*/amad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed