by

Gelar Pelayanan Pemeriksaan Kesehatan dan Pengobatan Gratis, Bupati Satono Apresiasi Dinkes Sambas, dr. Ganjar : Berikan Dampak Positif Bagi Masyarakat

Sambas, Media Kalbar – Dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di kabupaten Sambas, Dinas Kesehatan kabupaten Sambas terus berupaya menjangkau daerah- daerah untuk memberikan pelayanan kesehatan yang optimal bagi masyarakat.

 

Hal ini sejalan dengan program unggulan pemerintah daerah kabupaten Sambas yaitu program peningkatan akses pelayanan kesehatan.

 

Seperti yang telah dilaksanakan di dusun Gelamak desa Pangkalan Kongsi kecamatan Tebas pada tanggal 2 Nopember 2023 beberapa hari yang lalu, Dinas Kesehatan kabupaten Sambas bersama puskesmas di wilayah kecamatan Tebas menggelar pelayanan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis.

 

Kegiatan tersebut disambut antusias oleh masyarakat terutama masyarakat yang sangat membutuhkan termasuk lanjut usia karena memiliki keterbatasan untuk pergi berobat langsung ke puskesmas maupun rumah sakit.

 

Dalam kegiatan tersebut dilakukan pemeriksaan fisik, cek gula darah, penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan oleh dokter umum dan dokter spesialis serta pemberian obat.

 

Dr. Ganjar Eko Prabowo, MM selaku kepala Dinas Kesehatan kabupaten Sambas menyebutkan bahwa kegiatan pelayanan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis dilaksanakan di beberapa titik kegiatan dimana sebelumnya dilaksanakan di desa Penjajap kecamatan Pemangkat serta selanjutnya akan dilaksanakan di desa Parit Raja kecamatan Sejangkung dan desa Gapura kecamatan Sambas.

 

Ganjar Eko Probowa menambahkan bahwa dengan diadakannya kegiatan tersebut akan memberikan dampak yang positif bagi masyarakat terutama untuk mendekatkan akses pelayanan kesehatan sehingga masyarakat yang berada jauh dari puskesmas dan rumah sakit dapat memperoleh pelayanan kesehatan sehingga mampu untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi- tingginya dan dapat meningkatkan capaian Standar Pelayanan Minimal  (SPM) bidang kesehatan.

 

Kegiatan pelayanan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis ini ditinjau langsung oleh Bupati Sambas H.Satono, S.Sos.I., MH beserta beberapa kepala OPD dan Camat.

 

Dalam sambutannya Bupati Sambas menyampaikan apresiasi kepada kepala Dinas Kesehatan kabupaten Sambas beserta staf atas terlaksananya kegiatan tersebut dan berharap kegiatan ini akan menjadi agenda rutin setiap tahunnya.

 

Bupati Satono menambahkan kegiatan pelayanan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis selain untuk memastikan setiap kecamatan melalui tiap desa agar warga sehat, kuat serta bersemangat juga merupakan ajang silaturahmi antara pemerintah derah kabupaten Sambas dan masyarakat.(rai/tim)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed