by

Gelar Rapat Tim Pora, Kakanwil Harapkan Kontribusi Positif Para Anggota

Pontianak, Media Kalbar

Sebagai media untuk melakukan pertukaran informasi antara anggota Tim Pengawasan Orang Asing (Tim Pora) Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar), Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkumham) Kalbar melalui Divisi Keimigrasian menyeleggarakan Rapat Tim Pora Tahun 2023, Selasa (14/03).

Mengambil tempat di Ballroom Hotel Mercure, Kakanwil Kemenkumham Kalbar Pria Wibawa hadir didampingi Kepala Divisi Keimigrasian Tato Juliadin Hidayawan, Kepala Divisi Pemasyarakatan Ika Yusanti dan Kepala Bagian Umum M. Ismanto Kurniawan.

Pada saat membuka kegiatan, Kakanwil Kemenkumham Kalbar Pria Wibawa dalam paparannya menyampaikan Pemerintah Indonesia memperhatikan aspek security approach terkait kebijakan untuk membuka kembali pintu gerbang negara bagi Orang Asing pasca Pandemi Covid-19.

Ia menegaskan, penegakan hukum Keimigrasian harus tetap berjalan beriringan dengan pelaksanaan fungsi pelayanan melalui peningkatan kewaspadaan terhadap adanya tumpangan kepentingan yang berpotensi terjadinya pelanggaran Keimigrasian dan Transnational Organized Crime (kejahatan terorganisir lintas negara) seperti penyelundupan narkoba, terorisme, penyebaran faham terlarang, prostitusi, perdagangan orang, cyber crime, people smuggling, illegal logging, illegal fishing, maupun penyalahgunaan izin tinggal.

“Seperti kita ketahui bersama bahwa selain memiliki Pelabuhan Internasional, sebagian besar wilayah Kalbar berbatasan darat dengan negara Malaysia, yang tentunya banyak terdapat isu-isu dan permasalahan di wilayah perbatasan negara terutama dalam hal lalu lintas orang,” jelas Kakanwil.

Sebagai informasi, berdasarkan Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan 11 (sebelas) PLBN Terpadu dan Sarana Prasarana Penunjang di kawasan perbatasan, terdapat dua PLBN di Kalbar yang termasuk di dalamnya yaitu PLBN Jagoi Babang di Kabupaten Bengkayang dan PLBN Sungai Kelik di Kabupaten Sintang.

Kakanwil Kemenkumham Kalbar Pria Wibawa mengharapkan kehadiran para anggota dalam Rapat Tim Pora ini dapat memberikan kontribusi positif dalam rangka mengawal dan menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia di wilayah perbatasan negara.

“Sinergitas dalam wadah Tim Pengawasan Orang Asing akan tercapai jika setiap anggotanya secara aktif mengambil peran sesuai dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing, serta meningkatkan intensitas komunikasi dan kolaborasi dalam berbagai kegiatan,” ujar Pria Wibawa sesaat sebelum membuka kegiatan.

Sementara itu Ketua Penyelenggara Kegiatan, Kepala Bidang Intelijen dan Penindakan Keimigrasian Samuel Pangihutan Panggabean dalam laporannya menyampaikan tujuan dari digelarnya rapat ini adalah untuk meningkatkan sinergiitas dari anggota Tim Pora sesuai tugas dan fungsinya masing-masing.

Usai membuka secara resmi, kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi dari Kepala Sub Dit IV Ditinteldakam Polda Kalbar yang didampingi Kepala Bidang Intelijen dan Penindakan Keimigrasian Samuel Pangihutan Panggabean.

Rapat yang mengusung tema “Optimalisasi Kerjasama Pengawasan Perbatasan pada PLBN dan PLBT di Wilayah Kalimantan Barat” ini diikuti para anggota yang terdiri dari unsur Kepolisian, TNI, Kejaksaan, Disdukcapil, Disnaker, Bea Cukai, Dishub, Pemerintah Daerah, dan instansi lainnya. (**/amad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed