by

Hadiri Evaluasi dan Motivasi Penyuluhan Pertanian se-Kabupaten Sambas, Bupati Satono : Perkuat Pangan Dalam Negeri Kita 

Sambas, Media Kalbar – Bupati Sambas H. Satono membuka kegiatan apresiasi, evaluasi dan motivasi penyuluh pertanian se- Kabupaten Sambas, di Aula Utama Kantor Bupati Sambas, Rabu (01/10/2023)

 

Menurut Satono kinerja penyuluh pertanian lapangan (PPL) di Kabupaten Sambas sejauh ini patut diapresiasi. Pasalnya, kata dia produktivitas pertanian di Sambas cukup baik.

 

“Kinerja PPL sudah bagus, baik dan solidaritasnya sudah cukup memuaskan. Kedepannya bagaimana meningkatkan produktivitas pertanian,” katanya.

 

Satono mengatakan supaya kedepan peran PPL terus bekerja sama dengan TP PKK untuk mendorong percepatan program unggulan One Village One Product (OVOP).

 

Lebih jauh, Satono menjelaskan, produksi pertanian saat ini berdampak daripada El Nino. Dimana resiko produksi pertanian juga menurun.

 

“Ini harus menjadi atensi kita bersama. Bagaimana untuk memperkuat pangan dalam negeri kita. Memperkuat sektor pertanian diantara kita semua. Sehingga stok pangan di kampung halaman kita terjamin,” jelasnya.

 

Dia menegaskan, Kabupaten Sambas dikenal dengan lumbung pangan. Karena penyumbang pangan hampir lebih kurang 40 persen.

 

“Bagusnya sektor pertanian kerja keras para petani, semua motivasi dari para PPL semua dorongan motivasi spirit dari petani milenial,” tegasnya.

 

Maka dari itu saat ini, imbuh dia, untuk meningkatkan produktivitas sektor pertanian maka petani perlu beradaptasi dengan cara modern dan memanfaatkan teknologi.

 

“Tidak bisa lagi kita menggunakan cara-cara manual, cara-cara tradisional. Kalau kita tidak gunakan teknologi modern, alsintan, kita ketinggalan,” ucapnya.(rai)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed