by

Hari Pertama bertugas di Kalbar Muhammad Tito Andrianto Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila

Pontianak, Media Kalbar

Kantor wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Barat Menggelar Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, bertempat di halaman Kantor Wilayah Kumham Kalbar. Upacara yang dipimpin Muhammad Tito Andrianto selaku Kepala Kantor wilayah kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Barat, didampingi Kepala Divisi Administrasi, Dwi Harnanto, Kepala Divisi Keimigrasian Tato Juliadin Hidayawan dan pejabat Struktural, JFT, JFU serta Mahasiswi Magang di Kanwil Kumham Kalbar. Senin (02/10)

Hari Kesaktian Pancasila adalah Hari peringatan kedudukan Pancasila sebagai Satu-Satunya Pandangan hidup yang mempersatukan seluruh Negara, Bangsa, dan Rakyat Indonesia. Hal ini perlu diperingati karena Indonesia pernah memiliki catatan sejarah kelam di masa lalu di mana ada kelompok tertentu yang ingin menggantikan Pancasila sebagai ideologi bangsa.

Muhammad Tito Andrianto dalam amanatnya mengatakan Peringatan ‘’Hari Kesaktian Pancasila perlu kita jadikan momentum untuk merefleksikan hal-hal yang telah dan harus kita lakukan untuk menjadikan Indonesia sebagai bangsa yang tangguh di masa kini dan bangsa yang tangguh di masa yang akan datang. Mengapa Pancasila itu sakti, karena dapat bertahan dan menunjukkan eksistensinya dari guncangan kisruh politik di negara karena Pancasila merupakan media pemersatu bangsa yang di dalamnya terkandung nilai-nilai toleransi, harmonisasi dan bersifat terbuka mengikuti perkembangan jaman. Ujarnya’’

Sebelum saya akhiri, saya mengajak seluruh keluarga besar Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia menjadi teladan dan contoh dalam mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila, bergerak aktif memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam mewujudkan Indonesia Maju serta mewujudkan cita-cita Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Kita bersatu membangun bangsa untuk mewujudkan tatanan kehidupan masyarakat yang rukun, damai, adil dan sejahtera dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan. Maknai Kesaktian Pancasila dengan menumbuhkan jiwa nasionalisme dan patriotisme mulai dari diri sendiri. Pancasila membuat perbedaan menjadi kekayaan, Pancasila merajut keragaman jadi keindahan dan Pancasila itu menyatukan perbedaan.

Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2023 menjadi momen mengenang peristiwa sejarah yang penting bagi bangsa Indonesia dan memupuk semangat persahabatan, persatuan, dan kesatuan dalam bingkai ideologi Pancasila. ‘’Mari bersama kita wujudkan Pancasila sebagai Pemersatu Bangsa menuju Indonesia maju‘’. (*/amad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed