by

Herkolanus Roni : Sepanjang tidak Keluar dari Regulasi itu Saya yakin Pilkades Berlangsung Aman, Tertib dan Damai

SINTANG, MEDIA KALBAR- Pilkades Kabupaten Sintang resmi digelar pada Selasa (18/10/2022) seluruh 14 Kecamatan yang diikuti sebanyak 72 Desa.
Hasil pantauan dari 14 Kecamatan dari awak media ini salah satu Kecamatan yang jadi tujuan kunjungan Bupati dan Kepala DPMPD saat dilaksanakannya Pilkades tepatnya Desa Sungai Ukoi, Kecamatan Sungai Tebelian.
Diketahui Desa Sungai Ukoi melaksanakan pesta Demokrasi Pemilahan Kepala Desa dengan 2 orang Kandidat. Dari 2 orang kandidat ini semuanya laki-laki, untuk diposisi no urut 1. An. Yosep Jopi, no urut 2. An. Joni Murdiyanta.
Sementara data yang diperoleh untuk Kecamatan Sungai Tebelian dikikuti 7 Desa, jumlah DPT 6.682 pemilih, 25 TPS dan 17 Calon Kades.
“Khusus Sungai Ukoi ini data yang ada pada kami selaku Paniti jumlah DPT 1.589 Pemilih dan sebanyak 5 TPS,” ungkap Alexander Suherman selaku Ketua Panitia Pilkades Sungai Ukoi.
Kepala Dinas PMPD Herkolanus Roni, SH, M. Si ketika dikonfirmasi terkait Pilkades saat monitoring di Desa Sungai Ukoi menjelaskan,”Sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan hari ini pelaksanaan Pilkades serentak sebagaimana yang sudah ditetapkan Bupati. Kemudian untuk mengawali pilkades serentak ini tadi sudah dilakukan Zoom Metting secara Virtual dengan Kemendagri yang wakili Derektorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa. Saat zoom metting kita sudah diarahkan yang pertama protokol kesehataan yang memang masih menjadi kewajiban bagi Desa. Kemudian pelaksanaan kegiatan juga diharapkan dapat berlangsung secara aman dan damai tentu sesuai prosudur.
Terkait pada saat ini Sintang masih dalam keadaan banjir yang belum surut terlalu jauh dan masih berdampak banjir, hal ini tentunya akan terganggunya kegiatan Pilkades.
“Situasi kondisi alam yang pada saat ini sedang kita hadapi sampai tadi malam hasil monitoring yang kita lakukan di 72 Desa yang akan melaksanalan Pilkades meskipun di beberapa titik masih banjir bisa diatasi artinya Pilkades tetap berlangsung sesuai tahap yang kita tentukan,” jelas Roni.
Herkolanus Roni berharap,”Panitia Pilkades di lapangan PPKDes dan Panwas Desa tetap konsisten ketentuan aturan sesuai dengan Aturan Bupati Sintang No. 91 Tahun 2019 Tentang Pilkades dan Perubahan terakhir No. 31 Tahun 2022. Sekali lagi Pilkades saat ini tentu tetap menjadi fokus kita penerapan Protokol Kesehatan.
“Pilkades ini tunduk pada Permendagri No. 112 Tahun 2014 Tentang Pilkades sehingga itu yang menjadi acuan Pilkades. Sepanjang tidak keluar dari Regulasi itu saya yakin Pilkades ini akan berlangsung aman, tertib dan damai,” pungkas Roni. (Martin)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed