by

HUT Kartini Ke-143, Diwarnai Dengan Pemberian Penghargaan Berbagai Predikat Kepada Perempuan Melawi

Mediakalbar, Melawi – Bupati Melawi, H. Dadi Sunarya Usfa Yursa, menghadiri Peringatan Hari Kartini ke-143 yang diselenggarakan oleh Tim Penggerak PKK Kabupaten Melawi bersama Gabungan Organisasi Wanita dan Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Melawi, Kamis (21/04/2022) di Pendopo Rumah Jabatan Bupati Melawi. Turut hadir pada kesempatan tersebut Wakapolres Melawi, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Melawi, Ketua DWP Kabupaten Melawi, Asisten dan Para Kepala OPD, Organisasi Wanita, dan tamu undangan lainnya.

Acara diawali dengan pembacaan sejarah singkat yang dibacakan oleh Ketua Dharma Wanita Kabupaten Melawi, Ny. Petronela Asmawani Paulus. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Melawi, Ny. Raisya Sarbina Dadi, S.E.,M.A.P.

Dalam sambutannya, Ketua TP. PKK Kabupaten Melawi mengatakan peringaran Hari Kartini diselenggarakan untuk mengenang jasa RA. Kartini sekaligus sebagai momentum dalam memotivasi kaum Wanita untuk meningkatkan perannya dalam pembangunan di Kabupaten Melawi.

Lebih lanjut, Ny. Raisya mengimbau kepada para wanita Indonesia, khususnya di Kabupaten Melawi untuk dapat meneladani sosok R.A Kartini dan menjadikannya inspirasi untuk wanita Indonesia dengan menunjukkan prestasi di segala bidang.

“Pada era milenial seperti sekarang, masih banyak wanita Indonesia yang menjadi penyintas kekerasan, oleh karena itu saya mengharapkan agar perempuan Indonesia dapat bahu-membahu membantu perempuan lainnya untuk memperjuangkan haknya”, ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Melawi, H. Dadi Sunarya Usfa Yursa dalam sambutannya mengajak para Kartini di Kabupaten Melawi untuk bersama mewujudkan perempuan Melawi yang berdaya saing dan berhati mulia demi tercapainya keluarga indonesia yang berbahagia.

“Melalui Peringatan Hari Kartini ini, Saya juga mengajak para kaum perempuan untuk bergerak melalui bidang organisasi dalam meningkatkan taraf ekonomi dan kesejahteraan keluarga, melalui gerakan yang dapat menyentuh langsung kepada masyarakat bawah, sehingga terciptanya ketahanan keluarga dan maju nya perekonomian keluarga”, ajaknya.

Lebih lanjut, Bupati Melawi juga mengajak organisasi-organisasi perempuan yang ada di Kabupaten Melawi untuk dapat berperan dalam pembangunan daerah, dengan cara memberdayakan masyarakat, khususnya yang masih berada di bawah garis kemiskinan untuk dapat lebih meningkatkan taraf ekonomi dan keseimbangan dalam keluarga, melalui program dan kegiatan yang ada. Terutama pada masa Pandemi yang menyebabkan perekonomian yang belum stabil.

Dalam kesempatan tersebut juga, Bupati juga mengingatkan kembali terkait himbauan pemerintah terkait capaian vaksinasi pada Kabupaten dan Kota dengan target 70% pada bulan Mei 2022.

“Saya berharap organisasi – organisasi wanita dari tingkat Desa, Kecamatan sampai Kabupaten untuk dapat bergandengan tangan dengan pemerintah dalam membuat program agar target vaksinasi 70% dapat tercapai”, harapnya.

Menutup sambutannya, Bupati juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada organisasi – organisasi wanita yang selama ini telah mendukung pemerintah Kabupaten Melawi dengan program – program kerja yang telah dilaksanakan selama ini

Kegiatan Memperingati Hari Kartini ke-143 ditutup dengan pemberian penghargaan kepada perempuan Melawi yang memiliki Prestasi, yaitu Predikat Perempuan Hebat kepada Ibu Hartini yang merupakan ibu rumah tangga yang gigih berjuang untuk menyekolahkan anak-anaknya hingga menjadi TNI. Kemudian Predikat Perempuan Teladan yang diberikan kepada ibu Agusmiati yang merupakan bidan senior yang telah bertugas selama 29 tahun di Kecamatan Ella Hilir untuk membantu ibu hamil dan anak-anak. Serta Penghargaan Pelajar Kreatif kepada siswa/siswi MTS 2 Melawi yang telah membuat Karya Ilmiah dengan memanfaatkan bunga sibung dijadikan kopi, kerupuk dan minuman segar.

Rangkaian kegiatan Hari Kartini akan berlanjut dengan memberikan bingkisan kepada perempuan – perempuan di Lembaga Pemasyarakatan Sintang, serta pemberian santunan dan ta’jil kepada anak – anak yatim piatu.

Sumber : Humas Pemkab. Melawi /Orin

Publis : Bagus Afrizal

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed