by

Ikuti Seleksi Tes Online, 45 Orang Calon Mahasiswa Penerima Beasiswa BPDPKS Dari Kabupaten Melawi

Melawi, Mediakalbarnews.com – Direktorat Jenderal Perkebunan dengan dukungan pendanaan dari Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) hari ini melaksanakan tes seleksi serempak secara online bagi para calon Penerimaan Mahasiswa SDMPKS tahun 2021 dari tanggal 28 Agustus sampai 7 September 2021.

Untuk kabupaten Melawi diikuti sebanyak 45 orang calon Mahasiswa penerima Beasiswa melalui DPD Apkasindo Kabupaten Melawi yang telah lulus secara admistrasi. Tes online dilakukan dua sesi. Sesi pertama pagi hari dimulai dari pukul 7.30 sampai pukul 12.00 Wib. Untuk 28 orang peserta dan sesi kedua dari pukul 13.00 sampai pukul 17.30 sebanyak 17 orang.

Seleksi Tes Online ditinjau langsung oleh Ketua DPW Apkasindo Kalimantan Barat, dan Ketua DPD Apkasindo Kabupaten Melawi.

Indra Rustandi, SM Ketua DPW sempat memberikan arahan singkat kepada para Camaba untuk menelaah secara teliti instruksi yang ada pada sistem saat pengisian dan pada email yang sebelum telah diemailkan langsung kepada masing-masing Camaba.

” Sebelum menjawab isian pertanyaan yang telah dibuat oleh panitia pelaksana pada sistem, harap anak-anak untuk membaca secara jelas instruksi seblum menginput isian, teliti dan tela’ah dan benar-benar fokus, jangan sampai gagal paham maksud dari setiap point-point pertanyaan, ” pesannya.

Hal senada juga disampaikan oleh Sopian Hadi, S.Sos.,M.Si Ketua DPD Apkasindo Kabupaten Melawi. Hasil dari seleksi tes online benar-benar murni dari kemampuan, wawasan dan ilmu pengetahuan masing-masing Camaba, tanpa ada bantuan dari siapapun.

” Pihak Sekretariat DPD Apkasindo Kabupaten Melawi hanya sebagai penghimpun para keluarga pekebun juga sebagai wadah pelaksanaan dimulai dari pendaftaran sampai pada kelulusan Camaba nantinya. Semoga semua Camaba dari Kabupaten Melawi lulus menerima Beasiswa Pendidikan Tinggi Vokasi Perkebunan Kelapa Sawit Tahun 2021 dari Direktorat Jenderal Perkebunan dengan dukungan pendanaan dari Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit, ” harap Sopian Hadi.

Koordinataor penjaringan Calon Mahasiswa Penerima Beasiswa DPD Apkasindo Kabupaten Melawi Agus Kuswara, A.Md menyampaikan bahwa Calon Mahasiswa Penerima Beasiswa disarankan untuk mengikuti tes secara bersama di Sekretariat DPD Apkasindo Kabupaten Melawi Jalan Provinsi Sintang-Nanga Pinoh Desa Sidomulyo. Sabtu (28/8/21).

“ Pelaksanaan tes secara online focus kita laksanakan di Sekretariat DPD Apkasindo, dibagi dua sesi pagi dan sesi siang, sebanyak 45 orang, memang sedikit kendala adanya gangguan pada jaringan internet saat Calon Mahasiswa Penerima Beasiswa masuk kesistem, “ ungkapnya.

Dikatakan juga materi Seleksi Tes Online berupa, Tes Kemampuan Dasar : Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Pengetahuan Sawit. TPA mengukur kemampuan kognitif yang dianggap penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi. Tes Pengetahuan Sawit berfungsi untuk mengukur kemampuan dasar peserta dalam pengetahuan umum kelapa sawit. Lanjut dengan Psikotest dan Wawancara diwaktu dan hari yang berbeda.

Sebelumnya Direktorat Jenderal Perkebunan dengan dukungan pendanaan dari Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) mengundang pekebun kelapa sawit, keluarga pekebun kelapa sawit dan ASN (PNS atau PPPK) yang bertugas di bidang kelapa sawit untuk mengikuti seleksi nasional Beasiswa Pendidikan Tinggi Vokasi Perkebunan Kelapa Sawit Tahun 2021. Pendaftaran beasiswa juga dilaksanakan secara daring (on line). (Bgs).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed