by

Jum’at Curhat : Kapolres Ungkap Ruslan Sempat Di Bengkayang, Banser NU Dan PP Siap Bantu Amankan Penggantian Tahun Baru

Bengkayang, Media Kalbar

Sebagai upaya untuk mempererat silaturahmi dan menampung aspirasi masyarakat, Kapolres Bengkayang AKBP Dr. Bayu Suseno menggelar program Jum’at Curhat dengan Ngopi Santai bersama beberapa elemen masyarakat di Warung Kopi Bude Suryati Jalan Sanggau Ledo Jum’at, (30/12/2022) pagi.

Jum’at Curhat ini merupakan dialog interaktif kamtibmas antara Kapolres bersama warga masyarakat Kabupaten Bengkayang dalam bentuk penyampaian aspirasi atau keluhan dan laporan masyarakat serta kritik, saran dan masukan untuk Polres Bengkayang.

Dalam suasana penuh keakraban, Kapolres Bengkayang yang turut didampingi Pejabat Utama Polres Bengkayang mulai Waka Polres, Para Kabag, Kasat dan Kapolsek jajaran duduk santai bersama dengan masyarakat sambil berbincang-bincang mengenai informasi maupun keluhan seputar situasi kamtibmas.

Kapolres AKBP Bayu Suseno mengatakan mengenai tujuan dari kegiatan Jum’at Curhat ini, “Kegiatan Jum’at Curhat ini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat Bengkayang yang ingin menyampaikan secara langsung tentang informasi, pengaduan, saran maupun kritik.” ujarnya.

Perlu diketahui juga beberapa waktu terakhir masyarakat Bengkayang dihebohkan dengan informasi di Media Sosial terkait keberadaan Ruslan alias Joy yang merupakan tahanan titipan dari Kejari Lamandau, Ruslan alias Joy dilaporkan kabur dari Lapas Kelas 2B Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah.

Ruslan diketahui masih menjalani persidangan di Pengadilan Negeri (PN) Pangkalan Bun dan dia dititipkan di Lapas Klas 2B Pangkalan Bun. Ruslan dilaporkan kabur dari lapas sejak Minggu (4/12) sekitar pukul 05.00 Wib dengan merampas pistol shootgun berisi 6 butir peluru jenis hambur milik petugas jaga Lapas Pangkalan Bun.

Menurut keterangan korban, pencurian motor tersebut terjadi pada hari Rabu (21/12/22) menjelang pagi, saat korban beristirahat dirumahnya bertempat di Mess Perumahan PT. WKN, Dusun Sindang Kasih, Desa Kumba, Kecamatan Jagoi Babang. Korban menyimpan kendaraannya didepan rumah dan pada saat korban terbangun dari tidurnya, korban diberitahu oleh temannya bahwa Handphone, Kunci dan Motor milik korban sudah dibawa kabur. Kemudian korban melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Jagoi Babang.

Mengenai hal tersebut, Polsek Jagoi Babang Bersama Tim Opsnal Satreskrim Polres Bengkayang melakukan pencarian dan pengembangan mengenai kasus curanmor tersebut. Seminggu setelah kejadian, ditemukan kendaraan motor tersebut sudah berada di PT. IBP Desa Jesape, Kecamatan Ledo, Kabupaten Bengkayang dalam keadaan ditinggal oleh pelaku yang diduga Ruslan alias Joy, Sementara sampai saat ini masih dalam pencarian dan belum diketahui keberadaannya.

Pada kesempatan ini, Kapolres mengatakan, “Barang bukti hasil curian ini kita kembalikan supaya bisa digunakan lagi oleh pemiliknya, kendaraan ini tentu memiliki nilai yang berharga bagi pemiliknya untuk membantu dalam menjalankan aktivitas sehari-hari, jelas AKBP Bayu Suseno

Ia menghimbau kepada masyarakat yang hadir pada kegiatan Jum’at Curhat ini, agar selalu waspada terhadap para pelaku tindak kejahatan dalam bentuk apapun. “Pastikan memarkirkan kendaraan di tempat yang aman dan bila perlu memasang kunci pengaman tambahan sehingga meminimalisir adanya krimininalitas,

Mari kita bersama-sama mewujudkan wilayah Bengkayang berjalan dengan aman, nyaman dan kondusif,” tegasnya

Wakapolres Bengkayang Kompol Michael Terry Hendrata menambahkan, “Kepada masyarakat serta rekan media, agar tidak segan ataupun takut memberikan info kepada Polri khususnya Polres Bengkayang tentang adanya gangguan kamtibmas, pelanggaran serta tindak pidana, sehingga kami jajaran Polres Bengkayang dapat dengan cepat mengantisipasi dan menindaklanjuti hal tersebut.”

Sementara itu, Andi Septian seorang korban tindak pidana pencurian kendaraan bermotor mengucapkan rasa terimakasih dan apresiasinya kepada Pihak Kepolisian terutama Polres Bengkayang yang sudah berhasil menemukan sepeda motornya, dimana sebelumnya hilangnya satu unit sepeda motornya dikaitkan dengan kaburnya Ruslan Alias Joy menggunakan sepeda motor tersebut.

“Terima kasih kepada pihak Polri khususnya Polres Bengkayang, yang sudah berusaha keras untuk membantu saya. Ini satu-satunya sepeda motor yang saya miliki yang biasa digunakan untuk beraktivitas dan bekerja,” ujar Andi.

Disela-sela itu, Ketua Banser Nahdatul Ulama Kecamatan Bengkayang Darmaji menyampaikan bahwa,“anggota banser NU berjumlah 120 orang yang tersebar di wilayah Kecamatan di Kabupaten Bengkayang.

Dengan hal tersebut, kami siap membantu Polri untuk bersama-sama menjaga situasi kamtibmas yang kondusif di wilayah Bengkayang.”

Kurnadi menyampaikan,” menjelang pergantian tahun baru 2023 dan menjelang pelaksanaan tahapan pemilu Presiden dan Wakil Presiden serta Pemilu DPD RI, DPR RI , DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kita tahun 2024, dari pihak media siap membantu dan bekerjasama bersama Polri dalam rangka menangkal berita Hoax, karena dikhawatirkan menjelang pemilu banyaknya berita Hoax yang tersebar dimasyarakat baik melalui media sosial dan juga berita yang beredar secara berantai, sehingga dalam hal ini diperlukan peran kita semua untuk ikut menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat agar pada perhelatan pergantian malam tahun baru dan Pemilu 2024 berjalan dengan baik, tertib, aman dan lancar.

Kurnadi juga Sekretaris Majelis Pimpinan Cabang Pemuda Pancasila Kabupaten Bengkayang ini menegaskan bahwa , Pemuda Pancasila bersama Banser NU siap membantu Polri dalam rangka Pengamanan Pelaksanaan malam tahun baru 2023 yang akan di laksanakan di halaman Kantor Bupati Bengkayang jalan Guna Baru Trans Rangkang Kelurahan Sebalo.

Diakhir kegiatan ini, Kapolres juga menyerahkan barang bukti sepeda motor hasil curian yang pelakunya diduga Ruslan alias Joy kepada korban bernama Andi warga Dusun Sindang Kasih, Desa Kumba, Kecamatan Jagoi Babang bertempat di Mapolsek Jagoi Babang, yang dilaporkan hilang pada hari Rabu (21/12/22) lalu. (Tim/MK)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed