by

Ka. Distankan Melawi : Kewaspadaan Terhadap PMK Perlu Ditingkatkan

Melawi, Mediakalbar – Para peternak, pedagang serta warga Melawi diminta mewaspadai Penyakit Mulut dan Kaki (PMK) yang telah terdeteksi di sejumlah wilayah di Kalimantan Barat.

Hal itu diungkapkan saat rapat koordinasi pembentukan Satgas Pencegahan dan Penanganan PMK yang digelar digelar di Kantor Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Melawi, Kamis (19/5/2022).

Kendati tak menular ke manusia, Kepala Distankan Melawi Syaiful Khoir, S.Sos., M.Si. meminta warga khususnya para peternak dan pedagang daging hewan ternak untuk mewaspadainya.

“Kewaspadaan terhadap PMK ini perlu ditingkatkan agar tak ada penularan lokal pada hewan ternak di Melawi,” sebutnya.

Adapun ciri-ciri hewan terpapar PMK menurut Dokter Hewan pada Distankan Melawi, drh. Iwan Kusuma, di antaranya demam, pincang dan mulut berliur.

Untuk itu, Iwan pun meminta kepada warga yang mengetahui adanya hewan ternak dengan ciri-ciri yang disebutkan dapat melaporkannya kepada Distankan Melawi agar dapat ditindaklanjuti.

Lebih lanjut, Iwan pun menyebut hewan yang terpapar adalah hewan berkuku genap/belah.

“Paling rawan terpapar sapi, untuk babi dan kambing sementara yang ditemukan hanya sebagai perantara saja,” jelasnya.

Ditambahkannya, Distankan Melawi telah melakukan langkah awal dengan melakukan pengecekan kondisi hewan ternak yang ada di Melawi. Selain itu, pihaknya juga melakukan pemberian vitamin.

“Langkah antisipasi selanjutnya adalah dengan membatasi atau melarang masuknya hewan ternak dari luar Melawi,” tambah Iwan.

Sementara itu, Kabag Ops Polres Melawi Kompol Aang Permana, S.I.P., M.A.P. yang mengikuti rapat itu mengatakan pihaknya siap membantu Distankan Melawi dalam Satgas Pencegahan dan Penanganan PMK.

Aang juga menyebut pihaknya telah melakukan sosialisasi kepada warga untuk dapat mewaspadai PMK.

“Lewat media sosial juga sudah disampaikan terkait PMK ini. Selain itu, Bhabinkamtibmas kami juga sudah menyampaikan langsung kepada warga desa binaannya masing-masing saat kegiatan DDS rutin,” pungkasnya. (*/Bgs).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed