by

Kadinkes Harap Survei Akreditasi Puskesmas di Kabupaten Sambas Bejalan Sesuai Target

Sambas, Media Kalbar –  Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sambas, dr. Ganjar Eko Prabowo berharap pelaksanaan survei akreditasi di 28 Puskesmas yang ada di seluruh Kabupaten Sambas berjalan lancar dan selesai sesuai target yang telah ditetapkan.

 

Akreditasi Puskesmas merupakan proses penilaian dan pengakuan oleh Lembaga Penyelenggara Akreditasi (LPA) terhadap mutu pelayanan kesehatan di puskesmas sesuai standar yang telah ditetapkan sejalan dengan amanat  PERMENKES Nomor 34 Tahun 2022.

 

Dr. Ganjar Eko Prabowo mengatakan dari 28 Puskesmas, 4 diantaranya telah dilakukan survei akreditasi. Adapun hasil survei akreditasi tersebut yakni Puskesmas Sekura mendapatkan level Paripurna, Puskesmas Sebawi level Utama, sementara Puskesmas Simpang Empat dan Subah masih menunggu hasil dari LPA.

 

Menurut dr. Ganjar masih terdapat 24 Puskesmas yang masih menunggu jadwal survei akreditasi dengan target dapat diselesaikan seluruhnya pada tahun 2023 ini. Sehingga pada awal tahun mendatang dapat mengupdate data akreditasi tersebut setiap Puskesmas.

 

“Sangat berharap agar pelaksanaan survei akreditasi puskesmas tahun ini dapat berjalan dengan lancar dan bisa selesai sesuai jadwal yang telah ditetapkan sehingga per 1 Januari 2024, semuanya Puskesmas di Kabupaten Sambas sudah memiliki sertifikat akreditasi terupdate,” jelas dr. Ganjar.

 

Terakhir, dr. Ganjar berharap dengan dilakukannya akreditasi Puskesmas yang ada di Kabupaten Sambas dapat meningkatkan mutu dan pelayanan kesehatan sehingga dapat menjamin keselamatan baik pasien maupun petugas.

 

“Karena selain untuk meningkatan mutu pelayanan kesehatan dan menjamin keamanan serta keselamatan pasien dan petugas juga sebagai salah satu persyaratan untuk dapat bekerjasama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan,” pungkas dr. Ganjar. (Rai)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed