by

Kegiatan Kursus pembina Pramuka Maher tingkat dasar(KMD) Sungai Kakap

Kubu Raya, Media Kalbar -Tercatat ada 32 orang peserta pembina pramuka mengikuti kegiatan Kursus Pembina Pramuka mahir Tingkat Dasar (KMD)Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Kecamatan Sungai Kakap Tahun 2022.

“Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Gedung sekolah SDN 28 Sungai Kakap Kabu Paten.Kubu Raya,Senin (7/2/22).Pelatihan ini dilaksanakan selama Enam hari,mulai dari tanggal 7-13 Februari 2022.

Dalam kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Ketua Kwarcab Kabupaten Kubu Raya Nizam S.Sos M.Si yang di wakili Sarwani S.Pp sebagai ketua harian kuarcab kubu raya.

“Kursus pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar(KMD)Kwartir Gerakan Pramuka Tahun 2020 sebagai bekal pengetahuan sekaligus keterampilan dan pengalaman praktis dalam membina pramuka Kepada tim pelatih,

“Sarwani S.Pd sebagai ketua harian kwarcab Kabupaten kubu raya dia mengatakan Saya berharap melalui Kursus pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar(KMD)Kwartir Gerakan Pramuka Tahun 2022 ini bisa memberikan pengalamannya dan latihan dengan baik,ikhlas demi semakin berkembang pembinaan ke pramukaan di Sungai Kakap ucap Sarwani umumnya di Kabupaten Kubu Raya.

Pada kesempatan itu Sarwani juga berharap dengan pelatihan ini seluruh pembina pramuka di kecamatan sungai Kakap umunya di Kabupaten Kubu Raya bisa menjadi panutan kepada anak didik khususnya dan masyarakat pada umumnya.

Masi kata Sarwani di selenggarakan nya khusus sekolah dasar di Kwuaran kakap ini adalah salah satu yang telah saya sebutkan tadi pada waktu kata sambutan yaitu untuk menambah atau bekal wawasan,pengetahuan,serta keterampilan serta untuk menambah wawasan yang aktif pengalaman yang sifatnya praktis di dalam kepramukaan.” Ucapnya.

“Karena mereka itu adalah ujung tombak Pramuka di gugus depan
,jadi di tangan pembina lah proses pengembangan pengetahuan , keterampilan dan wawasan di pramukaan itu akan menjadi andalan untuk berkembangnya proses proses ataupun berkembang nya Pramuka di tingkat kwuaran,kwarcab,bahkan Nasional.”Harapnya.

Di jelaskannya karena di tangan tangan mereka di tangan tangan pembina itu nanti akan muncul bibit bibit baru atau pun pramuka pramuka yang handal yang akan kita tampilkan dalam kancang baik di tingakat kwaran,kwarcab,maupun Nasional.Ini merupakan suatu hal yang sangat strategis di mana pengetahuan ini bisa berdampingan,Kepramukaan ini berdampingan dengan Dunia Pendidikan secara formal karena itu Pramuka merupakan kegiatan ekstra wajib yang harus di laksanakan di sekolah sekolah,”Ujarnya.

“Mudah mudahan ke depannya Pramuka ini akan menjadi pengajar rumput di semua sekolah di kabupaten kubu raya khususnya di kwarcab kubu raya umumnya di kwaran kakap yang mana saat ini masih di pimpin oleh kwaran Murhadi.

Sementara itu Sapriadi M.Pd pelatih Pramuka di kubu raya dan saat sekarang menjabat sebagai kepala Pusdik latda Kalimantan barat kepada wartawan dia menjelaskan.untuk kesempatan hari ini kami menghadiri undangan yaitu pelaksanaan kursus mahir pembina Pramuka tingkat dasar yang di selenggarakan di cabang gerakan Pramuka kubu raya yang berlokasi di kuartir ranting sungai kakap,”Jelas dia.

“Ini merupakan salah satu untuk menambah wawasan dan meningkatkan keterampilan para pembina khusus nya di gugus depan kuartir cabang gerakan Pramuka kubu raya memang dalam beberapa perioden telah melaksanakan khursus pembina,
karena kita berupaya generasi generasi ini sekalipun menghadapi covid yang masih belum boleh di katakan stabil

tetapi langkah langkah kami merupakan salah satu membantu program program pemerintah untuk mengatasi banyak kenakalan kenakalan remaja apalagi Narkoba dan sebagainya ini kami salah satu wujud menyatakan siap membantu pemerintah dalam kepentingannya dengan serius,”Tegasnya.

Sapriadi juga mengatakan dan perhatian pemerintah untuk sekarang boleh di katakan masih ada mungkin karena situasi saja mudah mudahan ke depan Pemerintah cukup memperhatikan kita secara menyeluruh baik tingkat pusat sampai lah ke tingkat kuartir ranting kalau gugus depan selama ini ya gugus depan lah yang terdepan.

“Mudah mudahan perhatian pemerintah lebih lebih di kuartir cabang kubu raya yang merupakan salah satu bentuk merupakan gerakan Pramuka masih hidup dan masih berkelanjutan,”Tandasnya.

Masih di lokasi yang sama. Murhadi ,S.Pd.SD ketua kuartir ranting gerakan Pramuka sungai kakap dia mengatakan.Alhamdulillah kegiatan kursus mahir Tingkat Dasar(KMD)Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Kecamatan Sungai Kakap Tahun 2022 ini kita melaksanakan sesuai arahan ketua Kwarcab Kabupaten Kubu raya dengan mengedepankan Protokol Kesehatan Covid-19

Pada tahun 2022 ini kita sudah tanamkan lebih awal bahkan kita ini sudah berkoordinasi dengan kuwarcab Kabupaten kubu raya kebetulan ketua kwarcap nya adalah kak Nizam S.Sos M.Si
jadi beliau mendukung juga kegiatan ini sudah memberikan rekomendasi untuk pelaksanaan kegiatan ini,”Terangnya.

“Nah target awalnya kita sudah menargetkan 40 orang namun dalam perjalanan ini dalam 40 orang itu maka yang hadir hari ini yang terdaftar hanya 32 orang jadi masih standar kita juga masih mengacu kepada protokol kesehatan yang untuk peserta ini kita masih mengacu ke itu sehingga tidak terlalu banyak peserta target nya 40 itu.hanya kita maksimalkan segitu kalau memang sekiranya tidak mencakupi 40 berarti itu sudah memasuki standar yang kita perkirakan jadi sekarang yang terdaftar 32 orang.”Ujar Murhadi.

“Harapan kita setelah selesainya kegiatan kursus Pramuka mahir Tingkat Dasar(KMD)Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Kecamatan Sungai Kakap.untuk pembina Pramuka khusus nya di kecamatan sungai kakap ini agar pangkalan pangkalan di depan itu lebih giat lagi lebih aktif lebih memajukan gerakan Pramuka nya atau kepramukaan di gugus depannya masing-masing,”Harapnya.

“Bahkan memperkuat pembina pembina Pramuka di gugus depan masing-masing sehingga gugus depan itu akan aktif dan juga tidak lagi kita mendengar ada gugus depan atau pangkalan sekolah yang mengatakan pembina Pramuka nya tidak ada.jadi harapan kita seperti kursus ini agar pembina pembina itu lebih semangat lebih bergairah kembali di gugus depannya di pangkalan sekolah nya masing-masing.”Pungkasnya.(Tim/MK)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed