by

Kibaran Bendera Merah Putih di Tanah Para Wali

Tarim, Media Kalbar

17 Agustus 1945 merupakan sebuah momentum bersejarah bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia, karena pada saat itulah Negara Republik Indonesia berhasil meraih kemerdekaan nya dari penjajahan. Oleh karena itu, rakyat Indonesia mengadakan berbagai macam kegiatan setiap tanggal 17 Agustus untuk mengenang sejarah dan merayakan hari kemerdekaan Indonesia.

Demikian juga yang dilakukan oleh Persatuan Pelajar Indonesia yang berada di Hadhramaut Yaman, mereka turut serta merayakan hari kemerdekaan Republik Indonesia walaupun dengan keadaan yang serba terbatas.

Event yang di laksanakan PPI Hadhramaut dalam menyambut HUT RI diawali dengan lomba kerakyatan yang dilaksanakan di Institut Al-Aydrus pada hari jum’at 5 Agustus 2022. Dalam Event Lomba Kerakyatan ini ada beberapa lembaga pendidikan yang turut berpartisipasi dalam event tersebut , mulai dari Ma’had Darul Mustofa, Universitas Al Ahgaff, Ma’had Darul Hadis, dan beberapa lembaga lainnya.

Ada beberapa macam lomba kerakyatan yang di laksanakan, mulai dari lari karung, tarik tambang, tusuk air dalam balon dan lain lain. para peserta dan penonton yang hadir sangat antusias dan semangat dalam mengikuti dan menyaksikan lomba kerakyatan tersebut.

Puncak pelaksanaan Upacara Kemerdekaan di laksanakan pada waktu malam tepatnya pada tanggal 17 Agustus 2022 di halaman Universitas Al Ahgaff, yang di hadiri langsung oleh ketua PPI Yaman Ro’fat Hamzi sebagai inspektur upacara.

Prosesi Upacara berjalan dengan khidmat meskipun meskipun sempat turun hujan, namun tidak mengurangi rasa semangat para pelajar untuk mengikuti upacara kemerdekaan Indonesia.

Selesai prosesi upacara dilanjutkan dengan beberapa event, mulai dari pentas seni, pertunjukan bela diri, bazar, dan lain lain. Diharapkan dengan adanya pelaksanaan upacara kemerdekaan dan event event lainnya, bisa tetap menumbuhkan rasa cinta para pelajar Indonesia yang berada di Hadhramaut dengan mengingat perjuangan para pahlawan khususnya dari kalangan Ulama dan Habaib, meskipun mereka jauh dari tanah air Indonesia. (Sirajul Ikhwan/mk)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed