by

Kodim 1206/Putussibau Manfaatkan Lahan Kosong Untuk Tingkatkan Ketahanan Pangan

Putussibau, Media Kalbar

Komandan Kodim 1206/Putussibau melalui Katuud Dim 1206/Putussibau Peltu Ruslan membuat inovasi memanfaatkan lahan kosong di samping Polkes Kodim 1206/Putussibau diberdayakan untuk ditanami sayur mayur, bertempat di Jl. Piere Tendean, Kelurahan Putussibau Kota, Kecamatan Putussibau Utara, Kabupaten Kapuas Hulu, Selasa (09/01/2024).

Berbekal pengalaman dan ilmu pertanian yang dimiliki, Katuud Dim 1206/Putussibau mengajak anggota Kodim 1206/Putussibau untuk mengolah lahan tersebut sebagai kebun terpadu yang produktif, “Untuk meminimalisir biaya perawatan dan pemeliharaan dengan simbiosis mutualisme, yaitu dari kotoran ayam yang difermentasi untuk pupuk sayuran dapat dimanfaatkan menyiram tanaman”, jelasnya.

Lebih lanjut Peltu Ruslan menyampaikan, Manfaat yang diperoleh dari kebun terpadu adalah dapat menambah nilai ekonomis pada keluarga prajurit, sebagai sumber penambah Gizi bagi keluarga prajurit, serta mengisi waktu luang, menghilangkan stres dan dapat meningkatkan imunitas tubuh”, ungkapnya.

“Sebagai sarana olah raga, dengan merawat kebun maka secara otomatis kita melaksanakan aktivitas jasmani dan rohani, sarana edukasi di bidang pertanian, Program ini bertujuan untuk membantu meningkatkan program Pemerintah Daerah untuk pencapaian pemenuhan hak atas pangan, meningkatkan ketahanan pangan nasional dan lokal”, ujar Peltu Ruslan.

Secara terpisah, Dandim 1206/Putussibau “Sangat mengapresiasi kegiatan tersebut dapat mengedukasi dan menginspirasi semua pihak dalam upaya meningkatkan ketahanan pangan nasional, Dimulai dari individu lingkungan keluarga untuk menyiapkan kebutuhan gizi keluarga yang sangat dibutuhkan dalam meningkatkan imunitas tubuh dan menyejahterakan prajurit dan keluarganya”, pungkas Letkol Inf Nasli S.Sos.

(Pendim 1206/Psb/ Icg )

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed