by

Kompak Tim Gab Siaga Karhutla Polsek Sungai Kakap dan Istansi Terkait Datangi Titik Hotspot

Kubu Raya, Media Kalbar

Menindak lanjuti informasi adanya Titik Hot Spot di wilayah areal gambut yang berada di Jalan parit Toom Rt.59 Rw.19 Dusun Kenanga Desa Punggur Kecil Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya,

Polsek Sungai Kakap bahu membahu berupaya memadamkan kebakaran lahan yang terjadi di areal gambut yang berada di Jalan parit Toom Rt.59 Rw.19 Dusun Kenanga desa Punggur Kecil Kecamatan Sungai Kakap Kabu Paten Kubu Raya.

tim siaga Kebakaran hutan dan Lahan (Karhutla)bergerak cepat datangai lokasi Selasa, (23/2/2023)Pagi.

Kapolsek Sungai Kakap AKP Dede Hasanudin,SH saat di temui di ruang kerjanya pada hari Jum’at(24/2/2023)siang ia
menyampaikan bahwa Polsek sungai kakap dan jajaran bekerja Sama dengan instan terkait bergabung menjadi satu tim siaga Karhutla.”Jelasnya.

“Dalam upaya penangulangan bencana Karhutla kami dari Polri bersinergi dengan TNI dan Pemerintah daerah bersama sama membentuk Tim Siaga Karhutla”ujarnya

Lebih lanjut Kapolsek Sungai Kakap AKP Dede Hasanudin,SH mengatakan Yang pertama masalah Karhutla tentu ini menjadi atensi semua
stakeholder termasuk dari Polsek yang selalu monitor titik api sering monitor kami menurunkan porsonil untuk melaksanakan upaya pemadaman.”Katanya.

Dengan Damkar yang di miliki Polsek beserta dengan stakeholder
lain BPBD.MPA ada beberapa titik api yang kami melakukan upaya pemadaman salah satunya di paret Toon sama di parit Tembakol itu kami lakukan pemadaman bersama MPA.”Terangnya.

“Alhamdulillah Kata AKP Dede Hasanudin,SH Kapolsek Sungai Kakap ada yang sudah padam tetapi di karnakan cuaca sekarang ini beberapa hari ini dan beberapa Minggu ini cuaca sangat panas pontensi kebakaran lahan dan hutan itu sangat tinggi.

Terus terkait dengan kamtibmas
memang beberapa hari ini ada beberapa kejadian,kejadian kegiatan Konvensional,komvensional salah satu pencurian baik pencurian dengan kekerasan maupun pencurian biasa maupun pencurian dengan pemberatan.”Paparnya.

“Salah satu adalah curanmor ada beberapa lokasi beberapa TKP yang di Plotting dari pihak Polsek yang memang agag tinggi tingkat pencuriannya yaitu di wilayah desa Pal 9 dan desa Rengas Kapuas.

Tapi ada salah satu faktor juga kadang kadang kita datang di TKP ternyata hilang motor itu sepeda motornya di simpan di teras di halaman rumah yang tidak berpagar yang punya rumahnya tidur pada waktu malam pagi hilang.motornya sudah hilang lapor di Polsek.”Ucapnya.

Kita melakukan penge cekkan di TKP rata rata yang kami dapatkan dari beberapa TKP yang kita datangi kita olah TKP itu motor motor tersebut di simpan di teras di halaman rumah yang tidak berpagar bahkan tidak ada kunci ganda ataupun kunci pengaman lainnya.

Itukan memberikan kesempatan para pelaku untuk melakukan tindak pidana karna sesuai dengan rumus kalau niat dan kesempatan itu sudah bersatu ya! di sanalah timbul,timbul kejahatan atau tindak pidana.

Kami dari Polsek pernah mengadakan pertemuan dengan kepala desa dengan kadus RT,RW kita mendoakan pertemuan untuk membantu mengadakan sosialisasi kan mengingatkan warga untuk menyimpan kendaraan bermotor ataupun barang berharga lainnya memang di simpan dengan aman.”Himbaunya.

Jangan Seperti terjadi motor di simpan di halaman di teras dan tidak ada pengamanan lainnya sehingga itu memudahkan orang pelaku melakukan kejahatannya.berarti saya memohon dengan warga itu kita hilangkan kesempatan tersebut.

Makanya saya koordinasi para RT.RW Dusun dan kepala Desa untuk untuk membantu mensosialisasikan kepada warganya karna Forsonil Polsek Kakap ini terbatas tidak bisa mengkaper seluruh wilayah

“Jadi kami minta bantuan RT. RW kepala Dusun dan kepala Desa untuk membantu mensosialisasikan terhadap barang barang berharga lainnya jadi di ingatkan warganya kalau malam mau istirahat itu motor di simpan atau pun di simpan di dalam rumah ataupun ada pengaman lainnya.”Harapnya.

Sehingga tidak memberikan kesempatan kepada si pelaku untuk melakukan pencurian kalau niatnya sudah ada kesempatan tidak ada karna motornya sudah masuk kedalam rumah atau rumahnya walaupun kosong sudah di Titifkan dengan tetangga ataupun ada pengaman lainnya mungkin tidak akan terjadi pencurian ataupun kejahatan .

Himbauan kami dari Polsek Sungai kakap yang pertama mari dan saya berharap atau pun saya menghimbau atau pun melarang membuka lahan dengan cara di bakar di karnakan banyak dampak negatifnya yang kita dapatkan.

Nanti penerbangan terganggu asap tebal akan menimbulkan sakit Infeksi saluran pernapasan atas
banyak nampak negatifnya akibat dari Karhutla ini.Oleh karna itu saya berharap semua warga khususnya di Kecamatan Sungai Kakap ini untuk tidak membuka lahan dengan cara di bakar karna ada sangsi hukum di sana apa bila melakukan membuka lahan dengan cara di bakar.”Tegasnya.

Untuk Kamtibmas lainnya dalam hal ini agag tingginya tingkat pencurian ini mohon dengan warga untuk menghilangkan kesempatan untuk orang melakukan tindak kejahatan dengan cara menyimpan kendaraan berharga kita atau kendaraan bermotor kita atau barang berharga kita yang memang aman.”Tandasnya.

Sehingga tidak terjadinya pidana hilangkan kesempatan kepada pelaku berbuat tindak kejahatan terhadap kita dan saya berharap jangan kita menjadi korban dari pada kejahatan.”Harapnya.(Tim/Mk)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed