by

Kontroversi Dana BLT DD di Desa Kampung Baru Kecamatan Kubu

Kubu Raya, Media Kalbar

Beredar kabar tentang dugaan penyelewengan dana Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) di Desa Kampung Baru, Kecamatan Kubu, Kabupaten Kubu Raya. Diduga salah satu oknum kepala Dusun diduga terlibat dalam penyala gunaan dana tersebut.

Menurut keterangan seorang tokoh masyarakat, yang tak mau di sebutkan identitasnya sebelumnya ada 14 orang penerima BLT DD di bawah kepemimpinan kepala desa sebelumnya. Namun, setelah pergantian kepala desa, hanya 4 kepala keluarga yang masih menerima BLT DD.

Selain itu, banyak perangkat desa yang diganti, yang dulu jadi kepala Dusun yang menurut SK nya masih berlaku hingga 2027.

Kejanggalan terjadi dalam pembagian BLT DD, di mana dua dari empat keluarga penerima hanya mendapatkan dana satu bulan dari tiga bulan yang seharusnya. Total pembayaran dalam setahun ternyata hanya satu bulan, yang diklaim atas nama “inisial Karim.”terang salah satu tokoh masayarakat.desa akampung Baru saat dibtemui di salah satu penginapan di kecamatan Rasau Jaya Senin(15/1/2024) siang

Dia memaparkan Modus operandi mencurigakan terungkap,dimana rekening penerima BLT DD harus dipegang oleh kepala Dusunnyadengan Alasan yang diberikan adalah agar setiap penarikan di Bank harus memiliki rekomendasi dari kepala desa. Di karenakan Desa yang jauh dari pusat membuat kepala Dusun, ini sial Ld menjadi penengah.

Kontroversi semakin memuncak ketika salah satu warga menanyakan lansung rekening ke desa di kantor desa, namun disampaikan kepal desa kampung baru bahwa rekening tersebut dipegang oleh kepala Dusun.

Dugaan penyaluran dana yang tidak transparan dan modus operandi meragukan menjadi perhatian masyarakat setempat. Mereka berharap Aparat Penegak Hukum dapat mengusut tuntas kasus ini.,”Pinta warga.

Sementara berita ini di terbitkan baik kepala desa kampung baru maupun istansibter kait belum dapat di hubungi. (Mk/Ismail)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed