by

Kwarcab Melawi Gelar Apel Besar Peringati Hari Pramuka ke-62

Mediakalbar, Melawi – Sekretaris Daerah Kabupaten Melawi, Drs. Paulus yang juga Sekretaris Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Melawi mewakili Bupati Melawi memimpin Apel Hari Pramuka ke-62 Tahun 2023 tingkat Kabupaten Melawi di Lapangan SMA Negeri 1 Belimbing, Senin (14/08/2023).

Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Melawi, M. Syaiful Khair, S.Sos.,M.Si dalam laporannya mengatakan Apel Hari Pramuka ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Pramuka sekaligis sebagai ajang menumbuhkan semangat Praja Muda Karana pada semua tingkatan.

“Apel ini diikuti oleh peserta kwartir ranting Belimbing, Belimbing Hulu, dan Nanga Pinoh dengan jumlah peserta mencapai 694 orang yang terdiri dari SD sebanyak 120 penggalang, SMP sebanyak 340 penggalang, dan SMA sebanyak 234 penegak”, terangnya.

M. Syaiful juga menyampaikan bahwa dalam rangka Hari Pramuka ke-62 ini, Kwarcab Melawi melaksanakan berbagai kegiatan seperti perkemahan, jambore, dan berbagai perlombaan.

“Selain dipusatkan di SMA Negeri 1 Belimbing, apel Hari Pramuka juga dilaksanakan di 10 ranting se-Kabupaten Melawi”, ungkapnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Melawi, Drs. Paulus dalam amanatnya membacakan sambutan Ketua Kwartir Nasional menyampaikan tepat pada tanggal 14 Agustus 2023, segenap anggota Gerakan Pramuka yang ada di seluruh Indonesia merasa bahagia dan bersyukur karena organisasi pendidikan kepanduan Praja Muda Karana ini telah genap berusia 62 tahun.

Pada tahun ini lanjutnya, sekaligus memperingati 111 tahun keberadaan gerakan kepanduan di bumi Indonesia yang telah ada sejak tahun 1912.

“Untuk itulah kita perlu mengucapkan banyak terimakasih kepada Allah karena atas nikmat dan berkah-Nya, Gerakan Pramuka dapat terus maju dan berkembang serta berkiprah untuk membantu masyarakat dan program-program pemerintahan serta menangani pendidikan nonformal dalam pembentukan karakter”, ungkapnya.

Adapun tema utama peringatan Hari Pramuka ke-62 pada tahun 2023 ini adalah “Dengan Peringatan Hari Pramuka ke-62, Mari kita Wujudkan SDM yang Profesional dan Berwawasan Kebangsaan “.

“Tema ini menunjukkan semangat Gerakan Pramuka untuk meningkatkan sumber daya manusia yang lebih profesional, mencermati sumber daya manusia kita yang ada sekarang ini masih jauh dari yang di harapkan”, ungkapnya.

Sekda juga menyampaikan bahwa wawasan Kebangsaan juga menjadi sangat penting agar nilai-nilai kebangsaan tidak luntur, tetap menanamkan Nasionalisme, Cinta Tanah Air dan semangat Bela Negara, terlebih sekarang akan menghadapi Tahun Politik.

“Kiranya persatuan dan kesatuan Gerakan Pramuka harus tetap solid dan menjadi garda terdepan untuk merajut persatuan dan kesatuan”, harapnya.

Turut hadir dalam kesempatan ini Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Melawi selaku Anggota Mabicab, Ketua dan Anggota Majelis Pembimbing Ranting, Ketua dan Anggota Kwartir Ranting, Ketua dan Anggota Majelis Pembimbing Gugus Depan, serta para pembina, pendamping, dan panitia.(*/Bgs).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed