by

Lantik Pj Walikota Singkawang, Ini Pesan Wagub Kalbar

PONTIANAK, Media Kalbar

Wakil Gubernur Kalimantan Barat (Wagub Kalbar) Drs. H. Ria Norsan, M.M., M.H., melantik Penjabat (Pj) Walikota Singkawang Drs. H. Sumastro, M.Si. di Balai Petitih, Minggu (18/12/2022).

Sumastro menggantikan Walikota dan Wakil Walikota definitif 2017 – 2022, yakni Tjai Tjui Mie berpasangan dengan Drs. Irwan. M.Si. yang masa baktinya selesai pada 17 Desember kemarin.

Pengambilan sumpah janji jabatan dan pelantikan ini berdasarkan pada Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 100.2.1.3.-6267 tahun 2022 tentang Pengangkatan Penjabat Wali Kota Singkawang Provinsi Kalimantan Barat sampai dengan Dilantiknya Walikota dan Wakil Wali Kota Singkawang definitif setelah Pemilukada tahun 2024 mendatang.

Dalam kesempatan tersebut, Wagub Kalbar mengungkapkan bahwa sebagai seorang Penjabat Walikota, yang bersangkutan akan mengemban beberapa amanah utama yaitu memimpin penyelenggaraan pemerintahan daerah di Kota Singkawang hingga dilantiknya walikota dan wakil walikota terpilih, memelihara ketentraman dan ketertiban masyarakat dan melaksanakan tugas selaku ketua satgas penanganan covid 19 di kota singkawang.

“Oleh karena itu, tugas hendaknya saudara dapat mengawal kegiatan tersebut dari mulai persiapan sampai tahapan pelaksanaannya. Tugas yang harus segera dilaksanakan diantaranya adalah melaporkan dan mengusulkan pengisian penjabat sekretaris daerah kota singkawang. Sehubungan dengan hal tersebut saya minta saudara yang menjadi prioritas utama adalah menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat sampai dengan dilantiknya walikota dan wakil walikota terpilih”, jelas Ria Norsan.

Dirinya juga menekankan kepada Penjabat Walikota Sumastro untuk menjalankan tugas pemerintahan sesuai dengan aturan yang berlaku. Termasuk penanganan banjir yang kerap melanda Kota Singkawang belakangan ini.

“Jalankan tugas – tugas pemerintahan sesuai dengan aturan dan kewenangan yang berlaku. Juga lakukan upaya – upaya untuk pencegahan dan penularan covid 19. Hal lain yang perlu juga mendapat perhatian saat ini yakni curah hujan yang tinggi, sehingga bencana banjir dan tanah longsor masih menjadi ancaman di beberapa daerah. Untuk itu, prasarana penanggulangan kedaruratan bencana harus selalu siap dan disiagakan”, tuturnya.

Kemudian mantan bupati mempawah ini juga mengharapkan kepada Pj Wali Kota Singkawang untuk menjalin komunikasi yang baik bersama para stakeholder lainnya agar dapat memajukan Kota Singkawang ke arah yang lebih baik.

“Optimalkan koordinasi dan terus bersinergi dengan forkopimda dan lembaga masyarakat agar dapat berjalan aman tertib dan lancar. Dengan telah dilantiknya penjabat walikota singkawang pada hari ini, maka saya mengharapkan kepada seluruh jajaran perangkat daerah kota singkawang untuk dapat mendukung dan membantu penjabat wali kota singkawang dalam memimpin pelaksanaan dan penyelenggaraan pemerintahan daerah, karena meskipun sebagai penjabat walikota akan tetapi tugas, wewenang dan tanggung jawab yang dimiliki sama dengan tugas, wewenang dan tanggung jawab seorang Walikota. Begitu pula halnya dengan DPRD singkawang, saya harapkan dapat tercipta hubungan yang harmonis dengan penjabat walikota dalam praktik penyelenggaraan pemerintahan daerah di kota singkawang sehingga pelaksanaan pembangunan dapat terus berjalan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat dapat terwujud”, terangnya.

Sebelum menutup sambutannya, tak lupa Wagub Kalbar mengapresiasi menghaturkan terima kasih dan mengapresiasi atas kinerja dari Wali kota dan Wakil Walikota masa bakti 2017 – 2022.

“Saya juga ingin mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang sebesarnya kepada Wali Kota dan Wakil Wali Kota Singkawang masa jabatan 2017 – 2022. Dimana selama menjabat sebagai walikota dan wakil walikota telah melaksanakan tugas dan kewajibannya dalam menjalankan roda pamerkan tajam di kota singkawang dengan baik”, ucapnya mengakhiri¬† (adpim/Mk)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed