by

Lantik TP. PKK Kabupaten Melawi, Ini Pesan Bupati Melawi

Melawi, Mediakalbarnews.com – Bupati Melawi, H. Dadi Sunarya Usfa Yursa melantik 38 Pengurus Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Melawi. Rabu (24/3/2021) di Pendopo rumah jabatan Bupati Melawi.

Kegiatan yang dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan itu, juga dihadiri Wakil Bupati Melawi, Sekda LO Dandim, Kasat Sabara, serta sejumlah kepala Instansi pemerintah.

Raisya Sarbina Ketua TP PKK Melawi usai dilantik menyampaikan terimakasih kepada bupati melawi yang telah melantik kepengurusan TP-PKK Melawi periode 2021-2025, dan juga selamat pada seluruh pengurus TP-PKK Melawi yang sudah dilantik.

“ Semoga kita dapat bersinerji dalam menjalankan tugas tugas dengan baik dan mampu membantu masyarakat terutama dalam hal keluarga, perempuan dan anak,” ucapnya.

Raisya mengatakan, kepada pengurus TP-PKK Melawi periode 2016-2021, tentunya sudah banyak berbuat. PKK merupakan organisasi kemasyarakatan yang bertujuan untuk memberdayakan perempuan dalam pelaksanaan program pokok PKK pada hakekatnya mengacu kepada sistem perencanaan yang dilakukan oleh pemerintah, baik itu yang yang di mulai dari bawah yaitu dari kelompok dasawisma dalam rangka mencapai dan peningkatan serta pengembangan 10 Program pokok terdiri dari beberapa kelompok kerja yang semuanya mempunyai program unggulan dan keterkaitan dengan dinas instansi sesuai tupoksinya masing masing

“ Dari empat kelompok kerja ada fokus fokus yang akan kami laksanakan, Pokja 1 Fokus dalam penigkatan mental dan pendidikan jasmani maupun rohani dimasa pandemi Covid 19 agar terhindar dari pengaruh narkoba, sex bebas, penjualan anak, dan kekerasan pada anak. Mewujudkan lingkungan belajar yang ramah anak serta memberikan pendidikan yang tepat pada anak,” ucapnya.

Kemudian, lanjutnya, pada Pokja 2 Pokus berkaitan mengenai upaya peningkatan pendapatan keluarga dimasa pandemi yaitu dengan mengembangkan ekonomi kreatif dan UMKM serta pengembangan kehidupan beroperasi. Pokja 3 upaya menigkatkan ketahanan pangan keluarga melalui PKK di masa pandemin covid 19 dengan cara membagikan bibit sayuran kepada PKK Kecamatan dan desa agar memanfaatkan pekarangan dengan menanam tanaman yang bermanfaat yaitu sayur sayuran, dan pada Pokja 4, upaya menigkatkan kesehatan pada masa pandemi covid 19 dan aya mengajak PKK Kecamatan maupun Desa dapat membantu untuk menurunkan angka stanting di kabupaten Melawi.

Ditempat yang sama, Bupati Melawi, H. Dadi Sunarya Usfa Yursa. Dalam arahannya mengimbau kepada ibu-ibu yang baru saja dilantik agar selain menjadi dinamisator program dan kegiatan, juga dapat terus membina para kader, kelompok-kelompok PKK dan dasawisma serta masyarakat luas agar terus bersemangat, berpartisipasi aktif dalam pembangunan melalui gerakan PKK.

“ Saya juga berharap ibu-ibu pengurus yang baru dapat berperan aktif, membantu membangun Melawi, dalam meningkatkan fungsi PAUD, Stanting, Posyandu, menurunkan angka kematian ibu dan anak dan program-program dalam rangka meningkatkan kesetaraan gender. Yang menjadi fokus saat ini adalah pencegahan dan penanganan covid-19,” paparnya.

Bupati meminta kepada PKK untuk dapat ikut berperan aktif dalam mengurangi tingkat penularan covid-19 dengan tetap mematuhi dan menerapkan protokol kesehatan, dimanapun dan kapanpun. Karena setiap individu dan masyarakat seluruhnya adalah garda terdepan dalam upaya penanganan penyebaran Covid-19.

Bupati juga meminta agar setelah pelantikan para pengurus dapat menyusun program PKK selama lima tahun kedepan, serta membuat kegiatan TP-PKK Melawi yang dapat bersinergi dan mendukung program-program pemerintah yang berkaitan dengan 10 program pokok PKK.

“Oleh karena itu, saya minta dengan kepengurusan yang baru ini, agar saling memberi masukan dan dukungan serta dapat berkerja sama dengan baik. Diharapkan tetap berkomitmen terhadap program pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga. Hal ini penting dan perlu tetap dipertahankan demi mencapai masa depan kabupaten melawi yang adil, pantas, hebat dan berlandaskan gotong royong serta harmonis dalam keberagaman,” pungkasnya. (Ira/Bgs)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed