by

Lestarikan Kearifan Budaya, Kapolres Ketapang Hadiri Tradisi Robo Robo

Ketapang, Media Kalbar

Kapolres Ketapang Polda Kalbar AKBP Tommy Ferdian menghadiri Acara Tradisi Robo-Robo yang digelar di Tepian Sungai Pawan, Kelurahan Kauman Kecamatan Benua Kayong Kabupaten Ketapang Kalimantan Barat, Rabu (13/09/2023) Pukul 06.30 Wib.

Kegiatan yang dinamakan Pentas Seni Budaya Robo Robo tersebut juga dihadiri Wakil Bupati Ketapang H. Farhan, Anggota DPRD Ketapang Ahmad Sholeh, Kapolsek Benua Kayong IPTU Rodi Maryoko, Kasi Humas Polres Ketapang IPTU H Sumadinata, Lurah Kauman Sabran, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Budaya serta warga Masyarakat Kota Ketapang.

Tradisi Robo-Robo sendiri merupakan kegiatan masyarakat khususnya warga Kabupaten Ketapang yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya dibulan safar dalam penanggalan Hijriah (arab) dengan cara mengadakan selamatan serta berdoa bersama.

Dalam pembukaan acara, Wakil Bupati Ketapang menyampaikan Pentas Seni Budaya Robo Robo merupakan acara turun temurun yang dilakukan oleh Warga Masyarakat Melayu di Kabupaten Ketapang dengan tujuan untuk meminta keridhoan Allah SWT, mengharapkan rahmat berkah serta meminta perlindungan dari Allah SWT terhadap segala bentuk marabahaya, penyakit dan bencana alam dalam kehidupan masyarakat.

Kapolres Ketapang AKBP Tommy Ferdian dalam kesempatannya menyampaikan bahwa Tradisi budaya robo-robo merupakan warisan budaya yang harus dilestarikan.

“ Dengan Semangat Robo Robo, mari kita lestarikan nilai kearifan lokal sebagai aset budaya bangsa, melalui acara ini, kita rekatkan silaturahmi, kita bangun dan jaga keragaman budaya serta kita pelihara kearifan lokal seiring kemajuan Kabupaten Ketapang. Selain itu, Pesta Seni Budaya Robo Robo ini juga sebagai khazanah budaya yang turut mensukseskan pariwisata di Kabupaten Ketapang ” Ujar Tommy.

Dalam acara Pentas Seni Budaya Robo Robo tersebut juga di isi dengan beberapa penampilan seni budaya seperti Hadrah, Tari Japin, Dendang Melayu, Syair Gulung, Pantun, Kasidah. Selain itu terlihat di lokasi acara, beberapa Stand UMKM lokal yang menyediakan beberapa kuliner makanan khas melayu. (*/amad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed