by

Malam Final Tilawah dalam MTQ IX Kubu Raya Sukses dan Meriah

Kubu Raya, Media Kalbar

Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) IX Tingkat Kabupaten Kubu Raya Telah mencapai penghujungnya pada Rabu Malam, tanggal 21 Juni 2023. Malam tersebut merupakan malam final untuk golongan Tilawah Dewasa dan Remaja.

Acara dibuka oleh seorang pemandu acara tepat pukul 21.04 Waktu Indonesia Barat. Pada pembukaan acara, pemandu acara lomba menyampaikan bahwa ini adalah malam terakhir untuk final golongan Tilawah Dewasa, baik kategori putra maupun putri.

Finalis pertama yang tampil dalam malam final ini adalah seorang Qari dengan nomor peserta 309. Kemudian,dilanjutkan dengan penampilan finalis Qariah. Pada babak final ini,terdapat 6 peserta yang mengikuti lomba.Malam final tersebut diadakan di Panggung Utama MTQ yang berlokasi di Halaman Kantor Kecamatan Sungai Kakap.

Dalam malam final ini,hadir juga Pengawas Dewan Hakim,yaitu Bapak Joni Hasan.Selain itu,terlihat juga kehadiran beberapa tokoh dan pejabat,antara lain Ustadz Abdul Hakim,SH,i(pengurus LPTQ Provinsi Kalbar),Hajah Dahlia Ahmad (Qariah Internasional),Ketua LPTQ kecamatan Sungai Kakap Adi Kusumajaya,Camat Sungai Ambawang Bapak Satuki,dan kepala desa se-kecamatan Sungai Kakap.

Para official dan penonton turut memeriahkan malam final tersebut. Atas penampilan beberapa finalis, para hadirin begitu menikmati lantunan merdu Ayat-ayat Suci Al-Qur’an. Sesekali, terdengar para penonton ikut menyahut dengan mengucapkan “Allah” di sela-sela lantunan Ayat. Bahkan, terkadang terdengar riuh tepuk tangan sebagai penghormatan terhadap penampilan finalis.

Adi Kusuma Jaya, Ketua LPTQ Kecamatan Sungai Kakap, menyampaikan rasa syukurnya, “Alhamdulillah malam hari ini kita telah menyelesaikan Final Dua cabang, yaitu cabang tilawah remaja dan tilawah dewasa.” Dia juga menyatakan keyakinannya bahwa Kubu Raya akan menyiapkan Qari-Qariah terbaik untuk dikirim ke tingkat provinsi Kalimantan Barat di kabupaten Sanggau pada tahun 2023 mendatang.

Sementara itu, Joni Hasan, pengawas Dewan Hakim MTQ ke-lX tingkat Kabupaten Kubu Raya,mengatakan kepada awak media, “Terima kasih Bismillahirrahmanirrahim. Alhamdulillah, hari ini pada malam hari ini dilaksanakan final remaja dan dewasa, baik pria maupun wanita. Insya Allah, peserta yang berhasil dalam MTQ ke-lX tingkat Kabupaten Kubu Raya tahun 2023 ini akan menjadi duta Kabupaten Kubu Raya pada gelaran MTQ ke-31 tingkat Provinsi Kalimantan Barat di Kabupaten Sanggau pada akhir bulan Agust,”Pungkasnya.(MK/Ismail)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed