by

Meriahkan Hari Jadi Kota Pontianak ke-250, POM Gelar Lomba Senam Jepin Di Halaman Tugu Khatulistiwa

Pontianak, Media Kalbar

– Dalam rangka memeriahkan hari jadi kota Pontianak yang ke 250, Persatuan Orang Melayu (POM) Kalbar bersama DPD POM Kota Pontianak menggelar lomba senam Jepin di halaman tugu khatulistiwa. Minggu (31/10).

Sebanyak 22 tim dari berbagai kalangan umur dan perwakilan mengikuti lomba tersebut. Bahkan paling jauh ada tim dari Kabupaten Bengkayang juga ikut memeriahkan lomba senam Jepin kreasi ini.

Ketua panitia, Jamaluddin mengatakan bahwa peserta berasal dari beberapa daerah disekitar Kota Pontianak. “Peserta ada yang berasal dari Kabupaten Kubu Raya, Kabupaten Bengkayang, Kabupaten Mempawah, mayoritas berasal dari Kota Pontianak. Peserta mulai dari kalangan pelajar dan mahasiswa hingga orang dewasa. Memang lebih didominasi kalangan emak-emak” jelasnya. Adapun juara 1 diraih Tim Asix, Juara 2 KJR Fajar Khatulistiwa, Juara 3 the Squad FOKBI, Harapan 1 The squad PGMI, Harapan 2 Sakura KKR, Harapan 3 Adhyaksa Dharma Kejaksaan Pontianak,” tambah Jamal.

Ada beberapa kegiatan yang kita laksanakan dalam rangka HUT Kota Pontianak ke 250 ini yakni Lomba Masak Asam Pedas, Maulid Nabi dan Doa Bersama utk Kota Pontianak, Karaoke Senandung Melayu, Lomba Senam Jepin Kreasi dan Terakhir Kegiatan Vaksinasi”, ungkap Jamal. Adapun kegiatan penutupan alan kita laksanakan di Rumah Dinas Pak Wali tanggal 8 November 2021 sekaligus pembagian hadiah dan piala” tambahnya.

Hermanto, Kepala Departemen Seni Budaya POM mengapresiasi tingkat antusiasme masyarakat yang berpartisipasi mengikuti perlombaan ini padahal waktu pendaftaran mepet ndak sampai 2 minggu. “Kegiatan ini sangat meriah sekali, dengan antusiasme peserta bahkan banyak masyarakat sekitar dan pengunjung yang juga ikut hadir menonton, tak mau ketinggalan untuk menyaksikan senam Jepin ini. Yang mana kita ketahui senam Jepin kreasi ini merupakan salah satu kreasi budaya yang harus kita lestarikan, bahkan ditingkat nasional sudah diperlombakan”, ujar Hermanto. Nanti akan kami buat event ini yang lebih besar lagi, yang mana nantinya akan mengundang seluruh kabupaten/kota se Kalimantan Barat dengan mengakomodir berbagai kelas kategori Mulai dari usia, hingga kostum terindah dan yel-yel terbaik,” tambahnya.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Persatuan Orang Melayu, Kusmayadi Tabrani, mengatakan bahwa pihaknya POM akan menggelar kegiatan akbar dalam rangka Milad POM ke-5 yang puncaknya jatuh pada tgl 27 Februari 2022. Akan tetapi rangkaian kegiatan peringatan milad POM ini nantinya akan mulai kita laksanakan mulai Desember. Ada berbagai kegiatan yang akan kita laksanakan mulai dari lomba-lomba hingga kegiatan sosial dan penghijauan. Mengingat kegiatan ini merupakan event besar seKalimantan Barat maka Pihaknya membuka Diri kepada instansi dan kalangan swasta yang ingin ikut berpartisipasi mensukseskan agenda Milad POM ke-5 nanti,” ucap Kusmayadi.  (*/amad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed