by

MI Darussalam Pontianak Timur Sukses Laksanakan Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia

Pontianak, Media Kalbar

Siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) Darussalam Kelurahan Saigon Kecamatan Pontianak Timur sukses mengikuti pelaksanaan ujian Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI), Sabtu, (7/10/2023).

Kepala Madrasah Ibtidaiyah (MI) Darussalam H. Ahmad Bustomi, S.Fil.I, M.Pd.I mengatakan bahwa Pelaksanaan Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) di MI Darussalam merujuk pada Prosedur Operasional Standar (POS) Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia Tahun 2023. Setidaknya ada empat materi utama, yaitu Literasi Membaca, Literasi Numerasi, Literasi Sains serta Literasi Sosial Budaya.

“Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) adalah evaluasi yang dilakukan kepada peserta didik Madrasah Ibtidaiyah dalam Literasi Membaca, Literasi Numerasi, Literasi Sains dan Literasi Sosial Budaya. Dari evaluasi ini dihasilkan informasi penting untuk perbaikan pembelajaran di madrasah”. Katanya.

Ditambahkan, bahwa Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia  merupakan kebijakan dari Kementerian Agama Republik Indonesia, Direktur Jenderal Pendidikan Islam. “Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia atau AKMI yang dirancang untuk mengukur capaian peserta didik dari hasil belajar kognitif, yaitu literasi dan numerasi. Kemudian ada survei karakter dan survei lingkungan belajar,” ungkap H. Ahmad Bustomi, yang beliau juga sebagai bakal calon Legislatif DPRD Kota Pontianak dari Partai Gerindra Dapil 4 Kecamatan Pontianak Timur pada tahun 2024 mendatang.

Sementara itu, guru pengawas ujian AKMI, Subairi, S.Pd.I mengatakan, “Siswa kelas 5 (lima) yang mengikuti ujian AKMI berjumlah 39 siswa pada gelombang dua dan dibagi dua sesi. Alhamdulillah pelaksanaan AKMI di MI Darussalam berjalan lancar dan sukses tanpa kendala”. Ungkap Subairi. (*/amad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed