by

Milad Ke-2, PASS Berzikir PASS Besaprah, Walikota Pontianak: Jaga Kekompakan Dan Lestarikan Nilai-Nilai Budaya Masyarakat Sambas

Pontianak, Media Kalbar

Puncak Kegiatan Milad ke-2 Persaudaraan Sambas Serantau (PASS) digelar meriah dengan Zikir Nazam dan Bersaprah serta atraksi Gasing, kegiatan ini dilaksanakan di Rumah Dinas Walikota Pontianak, Sabtu (4/11).

Hadir dalam kegiatan tersebut Walikota Pontianak, Ir. H. Edi Rusdi Kamtono, MT Ketua Harian DPP PASS, Mulyadi beserta pengurus, Mantan Wakil Bupati Sambas Pabali Musa, Ketua KKSP Uray Amin, Beberapa Tokoh Masyarakat dan Warga PASS serta para Mahasiswa asal Kabupaten Sambas.

Walikota Pontianak Ir. H. Edi Rusdi Kamtono sangat mengapresiasi adanya PASS dan kegiatan yang dilaksanakan, antaranya Sarakalan Khas Kabupaten Sambas, silaturrahmi dan ada pelantikan DPD PASS Kabupaten Kayong Utara serta permainan gasing.

“Mudah-mudahan tradisi ini dipertahankan, dilestarikan terutama yang khas nilai-nilai tradisi, seni dan budaya yang kuat keberagaman.” Kata Edi Rusdi Kamtono.

Walikota Pontianak yang juga mengakui bahwa ayahnya merupakan orang Sambas, berharap PASS tetap kompak untuk kegiatan positif, meningkatkan tali silaturrahmi dan komunikasi.

Ketua Harian DPP PASS, Mulyadi, SP, MP., menerangkan bahwa PASS dikukuhkan pertama Bulan September 2021, sebelumnya itu adalah Ikatan Keluarga Masyarakat Pantai Utara, PASS sudah ada kepengurusan di 13 Kabupaten/Kota yang terakhir dibentuk DPD PASS Kabupaten Kayong Utara, kemudian ada DPW PASS DKI Jakarta, DPC PASS Kepulauan Seribu Jakarta, Kuching-Sarawak Malaysia dan Brunei Darus Salam.

“Dari dulu hingga sekarang urang Sambas suka merantau, kita tau ada jadi Imam besar di Masjidil Haram Mekah, ada juga saya ketemu urang Sambas jadi pegawai Bank Swasta di Mekkah, kita mempunyai DPW PASS DKI Jakarta, DPC Pulau Seribu yang 90 % ternyata adalah bangsa Sambas.” Ungkap Mulyadi yang juga Caleg DPR RI Dapil Kalbar 1 dari PPP ini.

Potensi Urang Sambas sangat besar, di Kota Pontianak lebih 87 ribu, Kubu Raya lebih 70 ribu, Mempawah, Ketapang, Kapuas Hulu, Kayong Utara.

PASS dibentuk untuk wadah silaturrahmi, sejalan dengan Masyarakat Sambas yang suka bersilaturrahmi, “termasuk hari ini kita bersilaturrahmi, berzikir dan besaprah, semata untuk silaturrahmi dan melestarikan nilai-nilai budaya masyarakat sambas walaupun diperantauan.” Ujar Figur Kelahiran Pemangkat ini.

Akademisi UPB ini juga menyampaikan saat memberikan sambutan Ketua Umum DPP PASS, Manto Saidi yang berhalangan hadir, bahwa akan bangun sekretariat DPP PASS dan Rumah singgah untuk masyarakat Sambas.

Ketua Panitia Milad Ke-2 PASS, Ir. H. Budiman Arpan, MT., menyampaikan bahwa rangkaian kegiatan Milad ke-2 PASS beberapa kegiatan antaranya Donor Darah di PMI Kota Pontianak, ziarah ke makam tokoh-tokoh masyarakat Sambas, “sekarang kita PASS Berzikir Pass Besaprah, nanti sore kita juga akan ke Panti-panti asuhan.” Ucapnya. (Amad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed