by

Muscab HNSI Kubu Raya Menuju Terwujudnya Kedaulatan Nelayan, Bupati : Yang Paling Utama Benahi Data Sampai Kerumah Tangga Nelayan

Kubu Raya, Media Kalbar

Musyawarah Cabang (Muscab) III Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Kubu Raya digelar hari ini, Sabtu (5/2) di Aula Kantor Bupati Kubu Raya. Dengan mengambil tema terwujud nya kedaulatan nelayan.

Bupati Kubu Raya, H. Muda Mahendrawan, SH, M. Kn saat memberikan pengarahan menyampaikan bahwa HSNI mesti kedepan harus transformasi, terutama transformasi sistem data keluarga nelayan sampai Kerumah Tangga nya supaya terdata.

“Dengan data yang valid bisa kebijakan lebih berkeadilan, program kebijakan berbagai bidang, bidang sosial, pendidikan, pangan agar kemandirian nelayan bisa terwujud.” Ungkap Muda Mahendrawan.

Muda juga menyampaikan bahwa  Prioritas utama yang harus dilakukan HNSI adalah valid kan data nelayan, kita bantu dengan program agar hak-hak dasar nelayan bisa dipenuhi.

Ketua DPC HNSI Kabupaten Kubu Raya H. Syahdan menyampaikan apresiasi kepada Bupati Kubu Raya, Panitia dan pengurus HNSI Kubu Raya yang telah bekerja sehingga Muscab III ini terlaksana, terutama Bupati yang sudah mensuport luar biasa sehingga pelaksanaan di Kantor Bupati.

“Harapan saya semoga Muscab ini bisa menghasilkan kepengurusan yang lebih baik lagi, karena kita tahu dua tahun terakhir ini pandemi sehingga pengurus tidak maksimal. jadi saya berharap semoga pengurus baru lebih kuat lagi, lebih mantap dan bisa melakukan pr yang belum dilaksanakan kepengurusan sebelumnya yaitu penguatan organisasi, bisa mengayomi nelayan sampai kecamatan hingga ke Desa.” Kata Syahdan yang juga Anggota DPRD Kubu Raya dari partai PPP ini .

Sementara Ketua Panitia Hermili Jamani menuturkan bahwa Muscab III HNSI Kabupaten Kubu Raya selain memilih Kepengurusan juga merumuskan program organisasi jangka pendek dan jangka panjang.

” Kita perlu konsolidasi kedepan untuk pembenahan organisasi sampai ketingkat kecamatan dan desa, kemudian pendataan pada sentra-sentra nelayan sehingga data valid.” Tutur Hermili.

Dijelaskan bahwa HNSI mendorong pemberdayaan kemandirian nelayan, maka perlu infrastruktur nelayan, pendidikan dan lainnya. HNSI sebagai wadah para nelayan sebagai jembatan nelayan untuk menyampaikan aspirasi nya dalam meningkatkan kesejahteraan nelayan.

“melihat’ dari itu saya siap menjadi ketua HNSI, HNSI bersinergi dengan pemerintah untuk memperkuat nelayan dan pembenahan organisasi sampai ke Desa menjadi prioritas HNSI.” Ucapnya. (Amad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed