by

Musrembangdes Punggur Besar, Menuju Desa Terdepan dan Berkualitas Demi Masyarakat Bahagia

Kubu Raya, Media Kalbar

Desa Punggur Besar,yang ada di Kecamatan Sungai Kakap,Kabupaten Kubu Raya,Provinsi Kalimantan Barat menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrembangdes) jum,at.(29/9/2023) dengan tujuan utama menetapkan Rencana Kerja Pemerintah Desa(RKPDes) tahun 2024 serta menyusun Dokumen Usulan (DU)RKP tahun 2025.
Mengusung tema”Dengan semangat Musrembang,
Kita Wujudkan Desa Punggur Besar yang terdepan dan berkualitas demi mengejar Masyarakat Yang Bahagia”

Musrembangdes kali ini menggandeng partisipasi aktif seluruh lapisan masyarakat, termasuk tokoh masyarakat, pemuda,petani,dan perwakilan dari berbagai organisasi kemasyarakatan.

Dalam suasana yang penuh semangat,warga Desa Punggur Besar berkumpul di halaman Kantor desa Punggur Besar untuk merumuskan visi bersama,
Hasil dari diskusi dan pemikiran bersama ini akan membentuk landasan penting dalam perencanaan pembangunan desa yang berkelanjutan.

RKPDes tahun 2024 akan menjadi pedoman bagi pemerintah desa dalam melaksanakan program-program pembangunan yang akan membawa Desa Punggur Besar menjadi lebih maju dan berdaya saing.

Selain itu,penyusunan DU RKP tahun 2025 akan menandai komitmen Pemerintah Desa Punggur Besar dalam menjaga kelangsungan pembangunan jangka panjang.

Dalam suasana penuh semangat dan kesatuan visi,warga Desa Punggur Besar siap untuk menjadikan desa mereka sebagai contoh yang terdepan dalam pembangunan,dengan tujuan utama menciptakan masyarakat yang bahagia dan sejahtera.

Dalam sambutannya,Anwar M. Nur,Kepala Desa Punggur Besar, dengan penuh semangat memaparkan hasil Program pembangunan yang telah berhasil terealisasi masuk di wilayahnya pada tahun 2023.dengan total anggaran mencapai puluhan miliar baik itu dari anggaran APBD Kubu Raya,Provinsi maupun dari Pemerintah Pusat melalu Aspirasi Anggota DPRD,”Katanya.

Dengan bangga,ia menyebutkan beberapa prestasi utama yang telah dicapai oleh desanya selama Selama dia menjabat sebagai kepala desa hingga tahun 2023.ini.Seperti jalan poros Paret Sarem bedah rumah dan P3A yang totalnya puluhan Miliar Rupiah.

Selain itu,ia juga menggarisbawahi upaya dalam meningkatkan pelayanan kesehatan.Desa ini telah membuka pusat kesehatan masyarakat dengan menyediakan armada mobil ambulance secara gratis,”Ucapnya.

Tak lupa,Anwar M.Nur juga mencatat program-program pembangunan sosial dan ekonomi serta pendidikan yang telah dilaksanakan.Dalam upayanya untuk meningkatkan taraf hidup warga mereka ,”Terangnya.

Sambutannya diakhiri dengan apresiasi kepada seluruh warga Desa Punggur Besar atas kerja keras dan kolaborasi mereka dalam mencapai semua pencapaian ini. Ia berharap tahun-tahun mendatang akan membawa lebih banyak kemajuan bagi desa mereka, menjadikan Punggur Besar sebagai tempat yang lebih baik untuk tinggal bagi seluruh penduduknya.

Junaidi.S.Sos. Camat Sungai Kakap Usai menghadiri Musrembangdes desa Punggur Besar dia mengatakan Alhamdulillah tadi kegiatan Musrembangdes desa Punggur Besar sudah terlaksana Alhamdulillah seperti biasanya unsur unsur Masyarakat BPD Prangkat desa termasuk kepala desa sudah melaksanakan kewajibannya sebagai mana mestinya yang telah di atur undang undang.”Katanya.

Nah di momen momen musrembang tadi ada beberapa pertanyaan yang di sampaikan warga salah satunya transparansi penggunaan dana desa Alhamdulillah sesuai amanah dari undang undang desa itu sendiri dibawah azaz penggunaan dana desa itu bentuknya bentuk transparasi.

Nah desa Punggur besar sudah menjalankan itu salah satu bukti sudah menjalankan bentuk transparansinya itu dengan menyampaikan papan Informasi di depan kantor desa tentang penggunaan dana desa baik ADD maupun DD.”Ujarnya.

Terkait dengan persoalan banyaknya proses pembangunan masuk Tampa melapor ke desa juga dikeluhkan beberapa masyarakat pada saat tanya jawab tadi ada kegiatan masuk tanpa koordinasi dengan kepala desa.

Dan saya sudah kasi warning kepada Pak RT Pak RW tolong kalau ada kegiatan pembangunan yang masuk di desa segera lapor ke pemerintah desa ke kepala desanya lansung agar Supaya nanti proyek yang masuk kegiatan yang masuk di desa bisa terdata dengan baik di laporan pertanggung jawaban kepala desa karena LPJ,LPJ kepala desa bukan hanya melaporkan dana ADD dan DD tetapi juga melaporkan kegiatan kegiatan pembangunan yang masuk di desa,”Terangnya.

Kalau tidak ada laporan di desa bagia mana bisa tau terkait dengan pembangunan yang di laksanakan bangunan yang masuk di desa ini mungkin faktor tahun politik sehingga persoalan ini muncul terus

Semua desa pada saat saya mengikuti musrembang bersama kasih pem pertanyaan itu muncul yang di sampaikan masyarakat termasuk kepala desanya jadi saran saya kepada kepala desa tolong pak RT pak RW segera minta informasi siapa yang masuk di desa tersebut dengan transparan.

Yang kedua segera menyampaikan dengan yang melaksanakan pekerjaan untuk memasang papan plang proyek supaya itu nanti sistim perencanaan yang ada di desa termasuk kegiatan kegiatan masuk desa sehingga tersinkronisasi dengan baik.

Dengan seperti itu kan enak bisa
ter Pilahkan dengan baik yang mana ADD yang mana APBD nah itu harapan kita sehingga proses perencanaan proses setelah perencanaan bisa terdata terdokumentasi secara baik oleh Pemerintah desa.”Pungkasnya.

Kepala desa Punggur Besar Anwar M.Nur menyatakan Memang Musrembangdes ada beberapa yang prioritas bahkan sudah ada yang di posting di media sosial juga ada beberapa jembatan yang berlokasi di parit Seri baru di parit Deraman jadi karena wilayahnya sangat luas,”Katanya.

Banyak sekali jalan dan Jembatan dilingkungan itu yang memang harus di benahi nah termasuk juga turap turap yang ada di samping samping sekolahan yang memang itu kalau tidak di prioritaskan nanti sekolah itu akan terjun ke sungai.

Nah yang ini memang kami berharap dari pihak Pemda kubu raya maupun itu provinsi dan nantinya kita ajukan ini agar segala pembangunan yang ada di desa Punggur Besar ini tolong kita kaji segala prioritasnya,”Pintanya.

Nah jangan nanti yang masuknya tidak juga tau dima lokasinya jadi kita berharap koordinasi dengan pihak pemerintah desa itu dapat berjalan dengan baik.Nah untuk pembuktiannya kita di desa itu setiap tahun melaksanakan Musrembang,musrembang itu pembuktian kita menjalankan Undang-undang untuk menggali usulan dari masyarakat ,”Ucapnya.

Nah baik itu dari masyarakat baik itu melalui Ketu RT beberapa lembaga yang ada kepala Dusun kepala kepala sekolah itu yang kita gali yang seharusnya usulan usulan kita itu yang urutannya yang dari satu dua tiga dan empat itu sebenarnya itu target yang prioritas kita sebenarnya,”Tandasnya.

Nah kita berharap APBD yang ada nantinya itu dapat Mengcover baik pun itu APBD yang murni dari Dinas maupun itu melalui aspirasi dan kita berharap dewan dewan melalui Aspirasinya juga ini juga bisa melihat kebawah Ini memang prioritas atau tidak ,

Yang mana prioritas tolonglah kita benahi dulu biar nanti kebutuhan dasar masyarakat ini dapat terpenuhi nah ini yang sebenarnya kita harapkan dan tadi di musrembang banyak juga kita dengar bersama masyarakat yang aga sedikit kecewa.

Kan Sudah mengusulkan dari beberapa tahun yang lalu pak mengapa tidak ada muncul sampai sekarang nah kenapa tidak ada yang keluar padahal ini yang prioritas turap ini kalau turap ini tidak terealisasi jalan kami akan putus di karena tanahnya sudah turun ke sungai di karenakan tidak ada pembenahan,”Imbuhnya.

Bahkan ada jalan jalan yang sudah rambat beton itu di beton kembali ini kita harapkan kita coba minta kajiannya skala prioritas karena nanti efeknya juga ke desa di singgung terkait transparansi pihak pelaksana Anwar mengatakan Saya sebagai kepala desa Saya bukan orang tehnis cuman kita berharap pembangunan pembangunan yang masuk itu minimal ada pemberitahuan lah kepada Desa pembangunannya di mana kapan mau pelaksanaannya.”Paparnya.

Jadi kata Anwar agar kita juga sama sama bisa membantu mereka untuk menggiring pekerjaan mereka biar bisa berjalan dengan baik itu yang kita harapkan kalau masalah aturan tehnisnya layak atau tidaknya itu bukan urusan kepala desa itu dari PUPR ada konsultannya pengawas segala macam.”Cetusnya.

Itu serahkanlah kepada mereka yang lebih tau secara tehnis cuman kami minta harapan saya selaku kepala desa ini cukup memberitahukan saja bukan harus ijin tidak cukup memberitahukan kita oh kita akan melaksanakan pembangunan disini pak dan anggarannya sekian.

Jadi kita juga bisa mencatat di buku pembangun yang kita ada nantikan kita dapat meng caver itu oh tahun ini sudah berjalan sudah di bangun itu yang kita harapkan ketika ditanya terkait dengan jembatan jalan poros yang cukup memprihatinkan.

kita berharap terkait pembangunan skala besar kita berharap juga ada perhatian dari pemerintah pusat juga terkait masalah jembatan poros ini itu yang kita harapkan kita takut nya nanti tidak mampu dari Provinsi atau provinsi tidak dapat meng anggarkan itu tetapkan ada pemerintah pusat yang mungkin bisa turun tangan lah untuk mengatasinya itu harapan kita.”Harapnya.(MK/Ismail)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed