by

Pelepasan dan Perpisahan SD Negeri 13 dan SMP Negeri 12 Se-Atap Sungai Kakap

Kubu Raya, Media Kalbar

Keluarga besar SD Negeri 13 dan SMP Negeri 12 Se-Atap Sungai Kakap dan Orang Tua siswa sukses menggelar acara pelepasan dan perpisahan yang meriah. Acara ini berlangsung di halaman SD Negeri 13 dan SMP Negeri 12 Se-Atap Sungai Kakap, Sabtu (25/5/2024),

Yang dihadiri oleh sejumlah tokoh penting, termasuk mantan Kepala Bidang Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kubu Raya, M. Zaini Z., serta Surata, S.Pd, mantan pengawas sekolah tingkat SD Kecamatan Sungai Kakap.

Selain itu, hadir pula Kepala Sekolah SD Negeri 13 Sungai Kakap, Jemain, S.Pd, perwakilan kepala desa Nurdin Anurali, ketua komite, tokoh masyarakat, tokoh agama, keluarga besar sekolah, dan orang tua siswa.

Acara ini dimeriahkan dengan penampilan musik dari grup Abang Betuah yang membawakan lagu-lagu Melayu, serta penampilan seni dan budaya dari siswa-siswi kelas 6 SD Negeri 13 dan SMP Negeri 12 Se-Atap Sungai Kakap. Pembacaan kalam ilahi yang dilantunkan oleh siswa kelas 6 juga menambah kekhidmatan acara.

Tidak hanya diwarnai keceriaan, acara pelepasan dan perpisahan ini juga penuh haru. Tangis perpisahan tidak hanya dirasakan oleh siswa-siswi SD Negeri 13 dan SMP Negeri 12 Se-Atap, tetapi juga oleh para orang tua siswa.

Jemain, S.Pd., Kepala Sekolah SD Negeri 13 dan SMP Negeri 12 Se Atap Sungai Kakap, dalam sambutannya mengajak para guru dan orang tua siswa untuk mengenang jasa-jasa para tokoh pendiri SD Negeri 13. Ia menekankan pentingnya melanjutkan perjuangan mereka dalam menciptakan generasi penerus yang berkarakter dan berprestasi.

Sementara Itu Ketua komite sekolah, Nurwiranto, S.H., dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak yang telah mendukung pendidikan di sekolah tersebut.

Kepala Sekolah SD Negeri 13 dan SMP Negeri 12 Seatap Sungai Kakap, Jemain S. Pd,Usai menghadiri acara perpisahan dan pelepasan siswa yang diselenggarakan oleh orang tua muri dan Keluarga besar sekolah. Dalam keterangannya kepada awak media, Jemain S. Pd menyampaikan apresiasinya terhadap program yang diinisiasi oleh para orang tua murid ini.dan keluarga besar sekolah SD Negeri 13 dan SMP Negeri 12 Seatap Sungai Kakap.

“Acara hari ini merupakan program dari orang tua murid untuk melakukan perpisahan dan pelepasan siswa-siswi SD Negeri 13 dan SMP Negeri 12 Seatap Sungai Kakap. Mudah-mudahan acara ini dapat terus berlanjut setiap tahunnya,” ujarnya.

Pada tahun ini, jumlah siswa yang telah mengikuti ujian asesmen sumatif ahir jenjang tahun 2024 di SD Negeri 13 sebanyak 48 siswa, sementara di SMP Negeri 12 Seatap sebanyak 42 siswa.

“Kami berpesan kepada orang tua agar setelah adanya pengumuman kelulusan, diharapkan semua orang tua siswa agar melanjutkan pendidikan anak-anak mereka ke jenjang yang lebih tinggi. Pilihlah sekolah yang ada di wilayah Kabupaten Kubu Raya, khususnya di Kota Pontianak,” tambahnya.

Nurwiranto, S.H., Ketua Komite SD Negeri 13 dan juga Komite SMP 12 Seatap Sungai Kakap, menjelaskan bahwa kegiatan perpisahan merupakan agenda rutin yang harus dibudayakan. Menurutnya, perpisahan menjadi momentum silaturahmi antara orang tua siswa dan dewan guru di SD Negeri 13 dan SMP 12 Seatap.

“Perpisahan ini memang agenda rutin dan harus dibudayakan karena menjadi momentum silaturahmi antara orang tua dengan dewan guru di SD Negeri 13 dan SMP 12 Seatap,” ujar Nurwiranto dalam acara perpisahan yang digelar di sekolah tersebut.

Ketika disinggung terkait kemajuan SD Negeri 13, Nurwiranto menyatakan bahwa perkembangan sekolah sangat pesat. “Alhamdulillah, kemajuan SD Negeri 13 sangat pesat sekali. Banyak pembangunan yang masuk, khususnya di SMP, di mana kita bisa menambah gedung pada tahun 2022 atau tahun 2021 kemarin,” ungkapnya.

Selain itu, Nurwiranto juga menambahkan bahwa ada penambahan Taman Kanak-Kanak (TK) yang seluruhnya dibiayai oleh Pemerintah Daerah. “Ini adalah bagian dari upaya peningkatan mutu pendidikan di Kubu Raya,” tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut, Nurwiranto menyampaikan pesan kepada para orang tua dan siswa yang baru lulus. “Kejarlah cita-cita setinggi langit, gapailah cita-cita setinggi bintang di angkasa. Semoga menuntut ilmu di sini menjadi awal lompatan untuk meraih cita-cita yang mereka impikan,” pesan Nurwiranto.

Acara perpisahan ini dihadiri oleh para siswa, orang tua, serta dewan guru, yang semuanya turut merasakan kehangatan dan kebersamaan dalam momentum perpisahan yang penuh makna.(Mk/Ismail)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed