by

Pembukaan MTQ Ke-XXIX Tingkat Provinsi Kalbar Akan Tampilkan Tarian Kolosal

SINTANG, MEDIA KALBAR- Salah satu rangkaian acara pada kegiatan pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran ke-XXIX tingkat Provinsi Kalimantan Barat tahun 2021 yang dilaksanakan di Sintang akan menampilkan tarian kolosal dengan tema Gema Senandung Kitabullah di Bumi Senentang, hal tersebut diungkapkan oleh Anggota Panitia MTQ Bidang Kesenian, yang juga selaku koordinator lapangan tarian, H. Mitra Cahyadi saat ditemui pada hari Jumat sore, (3/12/2021).
H. Mitra Cahyadi menjelaskan makna terkandung dalam tema yang diusung pada pelaksanaan MTQ ke-XXIX tingkat Provinsi Kalbar tahun 2021 di Sintang.
“Jadi dengan tema Gema Senandung Kitabullah Di Bumi Senentang yang berarti gema syiar islam di Bumi Senentang dengan menekankan semangat persatuan dan kesatuan, mengingat bahwa Sintang ini merupakan rumah besar bagi seluruh komponen bangsa yang ada di Sintang, jadi kita angkatlah tema tersebut untuk menjaga keharmonisan, persatuan dan kesatuan agar kita semua tetap terjaga dalam keberagaman, itu maknanya,” jelasnya.
H. Mitra Cahyadi menambahkan bahwa tarian kolosal yang akan ditampilkan pada saat acara pembukaan MTQ XXIX berjumlah 250 orang.
“Pria sebanyak 100 orang, wanita 150 orang, kita ambil penari ini dari sekolah Madrasah Aliyah Negeri Sintang, sekolah Nurul Maarif Sintang, dan STAIMA kita gabungkan,” tambahnya.
Tarian ini merupakan penggabungan antara tarian secara langsung dengan multimedia dimana total durasi penampilan para penari ini nantinya pada saat pembukaan MTQ selama 36 menit.
Lanjut H. Mitra menjelaskan dari 250 orang yang akan turut tampil dalam kegiatan pembukaan MTQ ke-XXIX tingkat Provinsi Kalbar sudah berlatih sejak kurang lebih 2 bulan.
“Jadi kita sudah mulai berlatih sejak pertengahan Oktober 2021, awalnya kita berlatih itu untuk mempersiapkan pembukaan MTQ pada jadwal semula di November 2021, ternyata pelaksanaan MTQ di undur menjadi 11-17 Desember 2021, dengan mundurnya pelaksanaan MTQ tersebut, kita semakin mematangkan persiapan tarian ini, dengan harapan agar kita bisa maksimal dalam menampilkan tarian Gema Senandung Kitabullah di Bumi Senentang dihadapan seluruh tamu undanga yang hadir nantinya,” ucapnya.
Disampaikannya juga,“Sejak Kamis 2 Desember 2021 kami sudah berlatih dan persentase kesiapannya kurang lebih 70%, sisanya kita harus mempersiapkan kostum yang akan digunakan kemudian nanti kita akan gladi perkiraan ditanggal 6 atau 8 Desember 2021 untuk mematangkan lagi yang disinkronkan dengan multimedia. (Martin)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed