by

Pemdes Pematang Tujuh Galakkan Program Pencegahan Stunting

Kubu Raya, Media Kalbar

Pemerintah Desa (Pemdes) Pematang Tujuh, Kecamatan Rasau Jaya, Kabupaten Kubu Raya, terus menggalakkan program Stunting adalah masalah gizi kronis akibat kurangnya asupan gizi dalam jangka waktu panjang sehingga mengakibatkan terganggunya pertumbuhan pada anak. Stunting juga menjadi salah satu penyebab tinggi badan anak terhambat, sehingga lebih rendah dibandingkan anak-anak seusianya

pencegahan Stunting
guna meningkatkan kesehatan ibu dan anak di wilayahnya. Program ini telah berlangsung sejak tahun 2014 atau 2016 dengan cara swadaya dan ini merupakan bagian dari inisiatif program pemerintah dari tingkat daerah hingga pusat.

Salah satu fokus program pemerintahan di Desa Pematang Tujuh adalah upaya pencegahan stunting.Masyarakat di desa ini secara aktif berpartisipasi dalam program pemerintahan ini sejak awal pelaksanaannya.

Dalam upaya pencegahan, pemerintah desa secara rutin membagikan susu untuk ibu hamil dan menyusui guna meningkatkan kesehatan dan daya tahan tubuh, serta untuk mengatasi potensi risiko
Stunting.

Program ini melibatkan kerjasama dengan posyandu,bidan desa, pos lansia,dan pos kesehatan lainnya untuk memastikan pelayanan kesehatan yang holistik dan tepat sasaran.Selain itu,masyarakat juga didorong untuk selalu meningkatkan kewaspadaan dan kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan ibu dan anak.

Surjana,Kepala Desa Pematang Tujuh,kepada awak media Senin(24/8/2023 )menyatakan, “Kesehatan ibu dan anak merupakan prioritas utama bagi pemerintah desa kami.Program pencegahan Stunting merupakan bagian penting dari upaya meningkatkan kesehatan masyarakat kami.Kami akan terus melakukan upaya ini agar ibu dan anak di desa kami senantiasa sehat dan sejahtera.”Katanya.

“Meskipun sudah ada perbaikan dalam pencegahan Stunting
,pemerintah desa menyadari bahwa masih ada tantangan yang perlu diatasi. Oleh karena itu, program ini akan tetap berlanjut dan ditingkatkan untuk memastikan kesehatan ibu dan anak tetap terjaga dengan baik.”Ucapnya.

“Selain itu,pemerintah desa juga mengajak desa-desa lain untuk mengadopsi program serupa guna menciptakan lingkungan yang lebih sehat dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat secara keseluruhan,”Pungkasnya.(MK/Ismail)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed