by

Pemdes Sungai Deras Sukses Berinovasi Bangun Kantor Desa Secara Mandiri di Resmikan Bupati

Kubu Raya, Media Kalbar

Pemerintah desa Sungai Deras Kecamatan Teluk Pakedai Kabupaten Kubu Raya tak henti hentinya melakukan inovasi untuk pelayan Publik salah satu yang sukses di lakukan oleh Pemerintah desa Sungai Deras .
Yaitu Pembangunan Kantor desa Dua lantai yang menelan anggaran sebesar Delapan Ratus Enam Puluh Juta Rupiah murni di lakukan secara mandiri.

Bangunan Kantor desa Sungai Deras ini di resmikan lansung oleh Bupati Kubu Raya H.Muda Hendrawan SH di dampingi Ketua DPRD Kabupaten Kubu Raya Agus Sudarmansyah,Sekretaris Daerah Yusran Anizam,serta prangkat Daerah Kabupaten Kubu Raya Lainnya.

Peresmian Kantor desa tersebut berlangsung di halaman Kantor desa Sungai Deras dengan di tandai pengguntingan pita serta penandatangan Prasasti pada hari Selasa(9/5/2023)pagi setelah itu di lanjutkan dengan Halalbihalal.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Sekda Kabupaten Kubu Raya Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kubu raya,Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kab.Kubu Raya,Asisten Perekonomian dan Pembangunan, beberapa Kepala SKPD dilingkungan Pemkab Kubu Raya, Camat Teluk Pakedai,serta Forkopimcam Kecamatan Teluk Pakedai serta Prangkat desa Sungai Deras.

Dalam sambutannya,Muda menyampaikan apresiasinya kepada pihak Pemerintah Kecamatan Teluk Pakedai dan Pemerintah Desa Sungai Deras yang telah berperan penting dalam rangka membangun wilayahnya serta terus bersaing dengan daerah lain dalam memajukan desanya masing-masing.

Selain itu,Muda berharap jika gedung kantor Desa Sungai Deras yang dibangun tersebut dengan cukup megah,maka harus diimbangi dengan pelayanan yang prima kepada masyarakat.

“Pada hari ini bisa kita lihat bersama bahwa kantor Desa Sungai Deras yang telah dibangun ini cukup megah,semoga dengan megahnya kantor ini harus diimbangi dengan pelayanan yang prima kepada masyarakat,”Ujar Muda.

“Harapan kedepannya,karena Kepala Desa merupakan ujung tombak Pemerintahan agar juga bisa melaksanakan perannya masing-masing dalam rangka memajukan wilayahnya,”Tukasnya.

Sementara itu, Kades Sungai Deras
Syahrus Siyam usai peresmian dan halal bihalal keada awak media ia mengatakan bahwa selepas diresmikannya gedung baru kantor Desa Sungai Deras oleh Bupati Kubu Raya,maka pelayanan di Pemerintahan Desa Sungai Deras sudah langsung dilakukan di gedung kantor yang baru tersebut.

“Pembangunan gedung kantor ini menggunakan dana swadaya sebesar 860.000.000(Delapan Ratus Enam Puluh Juta Rupiah murni di lakukan secara mandiri,”Ungkap Syahrus.

“Semua pekerjaan pembangunan gedung kantor ini dikerjakan oleh anak-anak kita,saudara-saudara kita dan warga kita di desa Sungai Deras ini, jadi tidak ada kita mengambil atau memberikan borongan kepada orang lain atau pekerja dari luar, semua dikerjakan mereka secara swakelola,”Tegasnya.

“Mulai tahun ini dan hari ini seluruh kegiatan Kantor sudah dilaksanakan di gedung kantor ini, jadi tidak lagi berada di kantor lama dan kantor lama kita bongkar,”
Pungkasnya.

Lebih Lanjut Syahrus Shiyam mengatakan Tentu yang kami lakukan yaitu adalah semata mata untuk kemaslahatan semua mempermudah pelayanan yang ada di lingkungan desa Sungai Deras ini.dan ini juga merupakan bagian tantangan bagi kami semata mata bentuk keseriusan kami untuk terus berbuat untuk pengabdian ini yang di diamanahkan sebagai Pemerintah desa.”Ucapnya.

Sebagai kepala desa ini bagai mana memberikan sebuah pelayanan yang maksimal dan pelayanan yang baik untuk masyarakat di desa Sungai Deras ini dan tentunya kami juga tidak hanya membangun itu secara fisik ini saja akan tetapi bentuk pelayanan juga kita akan mempermudah,bagai mana mempermudah itu sendiri dengan memanfaatkan sebuah teknologi

Seyogyanya juga meluncurkan salah satu Aflikasi yaitu selaras sistem pelayanan desa Sungai Deras yang dimana mempermudah akses masyarakat ini yaitu mengurus Administrasi itu bisa dari rumah dengan menggunakan teknologi yaitu menggunakan Aflikasi mendaftar dan akan di konfirmasi tingkat desa itu sendiri.

Ia juga menjelaskan untuk dana pembangunan kantor desa memang murni kami menggunakan anggaran secara mandiri dan tidak membebankan dari APBD,APBDes dan lain itu sebagainya.”Terangnya.

Tentunya ini adalah semata-mata wujudkan kita melakukan dari pihak ketiga dari pada Donatur yang juga turut serta menyumbangkan sebagian hartanya untuk pembangunan dari kantor desa itu sendiri.

Dan dengan begitu kami membuat salah satu inovasi kepada masyarakat untuk rasa memiliki kantor itu bagai mana rasa memiliki dan kenyamanan untuk semua pelayanan dan kembali lagi kepada Masyarakat.Ketika pelayanan sudah maksimal maka Insya Allah semuanya bisa terakomodir dan misi misi akan tercapai

Ketika di konfirmasi terkait biaya pembangunan Kantor desa Sungai Deras yang baru saja di resmikan oleh Bupati Kubu Raya ia mengatakan sedangkan total anggaran pembiayaan pembangunan Kantor desa Sungai Deras untuk saat ini yaitu sudah menghabiskan kurang lebih 860.000.000(Delapan Ratus Enam Puluh Juta Rupiah).”Tandasnya.(MK/Ismail)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed