by

Pemkab. Melawi Laksanakan Pra Musrenbang Penyusunan RKPD Tahun 2022.

Melawi, Mediakalbarnews.com – Pemerintah Kabupaten Melawi menyelenggarakan kegiatan Pra Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Pra Musrenbang) dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Melawi Tahun 2022 di Aula Kantor Bupati, Senin (15/03/2021). Kegiatan tersebut di buka langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Melawi, Drs. Paulus dan di hadiri oleh Plt. Asisten Ekonomi dan Kesra, Kepala Bappeda dan kepala OPD serta Camat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Melawi.

Kepala Bappeda Kabupaten Melawi, Jaya Sutardi  dalam laporannya mengatakan kegiatan Pra Musrenbang merupakan agenda pendahuluan dan persiapan sekaligus pemantapan dalam rangka menyusun rencana kerja perangkat daerah (RKPD) Tahun 2022.

Menurut Jaya, Pra Musrenbang ini sebagai pedoman bagi satuan kerja untuk menyusun kegiatan yang akan diusulkan dimana juga harus memperhatikan visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Melawi Periode 2021-2026 yang akan dituangkan dalam RPJMD 5 tahun kedepan.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Melawi, Drs. Paulus dalam sambutannya mengatakan bahwa pelaksanaan Pra Musrenbang yang dilaksanakan saat ini merupakan bagian dari tahapan Musrenbang untuk mengklarifikasi dan memverifikasi hasil Musrenbang tingkat kecamatan.

“Pelaksanaan pembangunan yang baik haruslah di mulai dari perencanaan yang baik pula, semakin tinggi tingkat partisipasi masyarakat dalam proses perencanaan pembangunan, maka semakin tinggi juga tingkat keberhasilan pembangunan yang dicapai” ungkapnya.

Sekda juga menyampaikan pentingnya perencanaan partisipatif dalam perencanaan pembangunan daerah, karena perencanaan partisipatif yang di gali dari akar permasalahan yang di hadapi oleh masyarakat untuk memberikan solusi konkrit dalam bentuk usulan kegiatan yang merupakan kebutuhan prioritas masyarakat.

“Pra Musrenbang merupakan dasar untuk menyusun rencana kegiatan pemerintah untuk periode 1 (satu) tahun ke depan dan dijadikan sebagai pedoman menyusun RAPBD kabupaten melawi tahun Anggran 2022 dan kita harapkan pembangunan 2022 dapat memecahkan permasalahan – permasalahan yang di hadapi masyarakat sesuai dengan kondisi dan potensi masing – masing wilayah terutama dalam kondisi pandemi saat ini” jelasnya.

Sumber : Humas Pemkab. Melawi

Publis : Bagus Afrizal

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed