by

Penutupan MTQ lX Kabupaten Kubu Raya Berlangsung Meriah, Kafilah Sungai Kakap Juara Umum

Kubu Raya, Media Kalbar

Penutupan Musabaqah Tilawatil Qur`an (MTQ) ke-9 tingkat kabupaten Kubu Raya tahun 2023 berlangsung meriah, Kecamatan Sungai Kakap selaku tuan rumah meraih Juara Umum dan berhasil mempertahankan gelar tersebut selama 9 kali berturut turut.
acara penutupan tersebut di gelar Kamis(23/6/2023)malam.

MTQ yang diselenggarakan sejak tanggal 17 Juni sampai dengan 22 Juni 2023 ini,diikuti 9 kafilah dari seluruh kecamatan se kabupaten Kubu Raya.Acara penutupan berhasil menyedot perhatian masyarakat warga Kecamatan Sungai Kakap umumnya Kabupaten Kubu Raya yang telah datang berbondong-bondong memadati arena MTQ di halaman Kantor Camat Sungai Kakap.

Ketua panitia Pelaksana, Junaidi.S.Sos dalam sambutannya ia menyampaikan bahwa pelaksanaan MTQ kali ini berjalan lancar dan sukses dari malam pembukaan hingga malam penutupan dan ini berkat kekompakan seluruh panitia dan seluruh elemen masyarakat Kecamatan Sungai Kakap bahu membahu untuk menyukseskan acara Musabaqah Tilawatil Qur`an (MTQ) ke 9 tingkat kabupaten Kubu Raya.”ujarnya

Bupati Kubu Raya H.Muda Mahendrawan,dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelaksanaan MTQ tahun ini semakin meningkat dari segi kualitasnya,serta diharapkan mampu menjadi wahana pemersatu ukhuwah islamiyah dalam memacu pengembangan tilawah,hafalan serta pendalaman isi Al-qur`an dalam kehidupan sehari hari.”Ujarnya.

Bupati Kubu Raya juga mengucapkan selamat dan sukses kepada kecamatan Sungai Kakap atas prestasinya sebagai juara umum.

Sementara itu koordinator dewan hakim,membacakan hasil lomba MTQ Kali ini yang berprestasi dibidang qori-qori`ah,hafidz/hafidah mufassir/mufas-sirah, regu-regu fahmil qur`an,grup-grup syarhil qur`an,khottot/khottotoh Al-Qur`an dan penulis makalah al-Qur`an terbaik yang akan menjadi duta-duta kabupaten Kubu Raya pada event MTQ tingkat Provinsi di Sanggau Mendatang.

Usai kegiatan penutupan Wakil ketua DPRD Kubu raya Suharso kepada awak media dia mengatakan Alhamdulillah,dengan rasa syukur yang mendalam,saya ingin menyampaikan bahwa proses pelaksanaan MTQ tingkat kabupaten di Kakap telah sukses dari awal hingga akhir pada malam ini.Saya juga ingin mengumumkan bahwa secara resmi,MTQ tahun depan,yaitu tahun 2024,akan diselenggarakan di Kecamatan Kubu.”Terangnya.

Saya dengan penuh semangat dan kesungguhan,sebagai perwakilan masyarakat Kecamatan Kubu, menyatakan kesiapan kami untuk mendukung sepenuhnya pelaksanaan MTQ ke-10 di Kecamatan Kubu.Kami memohon doa restu dari semua pihak agar perjalanan dari saat ini hingga tahun depan senantiasa diberikan kelancaran dalam menyelenggarakan MTQ tersebut.”Harapnya.

Kami juga ingin menyampaikan bahwa pemerintahan daerah telah menganggarkan dana setiap tahun untuk kegiatan MTQ,termasuk di Kakap dan Kubu.Selain itu, beberapa waktu yang lalu,kami sebagai masyarakat telah membentuk tim persiapan yang akan bekerja sama dengan masyarakat setempat dan pengusaha lokal untuk memastikan persiapan infrastruktur yang dibutuhkan dapat berjalan dengan sukses.”Terangnya.

Sebagai tuan rumah,Kecamatan Kubu memiliki harapan besar untuk meraih juara umum dalam MTQ ini. Dengan kerja sama dan dukungan semua pihak, kami yakin dapat mencapai tujuan tersebut. Mari kita bergandengan tangan dan berdoa bersama agar perjalanan menuju pelaksanaan MTQ yang ke-10 di Kecamatan Kubu ini berjalan lancar dan sukses.Terima kasih atas perhatian dan doa restunya.,”Ujarnya.

Sementara itu wakil Wakil Ketua I
DPRD Kabupaten Kubu Raya Ir.Usman kepada sejumlah awak media ia menjelaskan bahwa penutupan MTQ ke-9 di Kecamatan Sungai Kakap adalah yang ketiga kalinya dilaksanakan di sana.Saya bersyukur atas hal ini, dan semoga kegiatan ini terus berlanjut di masa mendatang.

Seperti yang disampaikan oleh Pak Bupati,harapan kita adalah agar para juara tingkat kabupaten ini tetap dapat mewakili Kubu Raya dalam ajang tingkat Provinsi yang akan diadakan di bulan Agustus di Kabupaten Sanggau.”Ucapnya.

Saya Kata Ir.Usman sudah berbicara dengan Pak Bupati dan kami berupaya untuk mengatasi kendala-kendala yang mungkin menjadi penyebab migrasi para juara kita ke kabupaten lain. Kami berharap agar ke depannya hal seperti ini tidak terjadi lagi,dan Kubu Raya dapat menjadi juara umum di Sanggau.”Harapnya

Pada kesempatan ini,saya ingin menyampaikan terima kasih kepada Camat,Polsek,panitia,dan semua pihak yang telah bekerja sama dalam melaksanakan kegiatan ini dengan sukses. Kami juga mengapresiasi dukungan dari Pemerintah Kabupaten Kubu Raya.

Hari ini, Alhamdulillah, penutupan MTQ berjalan sukses,aman,tertib, dan lancar.Terkait dengan reward, kami akan berkomunikasi dengan LPTQ dan pihak terkait di kabupaten maupun kecamatan untuk membahas hal lebih teknis mengenai hal-hal yang Saudara tanyakan.Terima kasih.”Tandasnya

Masi pada waktu yang sama Bupati Kubu Raya H.Muda Mahendrawan
Ia mengatakan MTQ nya lebih berkualitas proses nya juga lebih berkualitas dan ini semoga semuanya ini nantinya di harapkan kita semua nya di MTQ kalbar semua nya di sini di harapkan tidak ada yang ikut ke kabupaten lain semuanya di kubu raya,”Pintanya.

Supaya kubu raya akan unggul dan semuanya akan didedikasikan untuk kabupaten kubu raya jadi kita harapkan nanti,selama ini kan banyak juga unggulan yang mewakili daerah lain ini kita harapkan semua yang juara juara ini supaya nanti menjadi qori dan qori’ah yang kafilah yang akan mewakili kubu raya lebih baik.

Insyaallah.Kita kalau memang ada daerah lain yang memberikan seperti Porprov Kemarin ternyata bonus kita lebih besar dan ini juga saya kira ini kan masalah karakter juga artinya kita juga harus siap kan semua.”Pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati kubu raya,ketua tim penggerak pkk kab.Kubu Raya, wakil ketua DPRD kubu raya (Ir. Usman), kepala badan pendapatan Daerah Lugito,S.Pd.,M.Si.
Kapolres Kubu Raya
Kasdim 1207 Pontianak
Kapolres Kubu Raya/mewakili.
Kepala Kantor Kementerian Agama Kab.Kubu RayaH.Ruslan,S Ag,MA)
Ketua LPTQ Prov.Kalbar Brigjen Pol (Purn)Drs. H. Andi Musa, M H.(MK/Ismail)