by

Peresmian Gedung Bank Kalbar Cabang Jakarta, Siapkan Bank Devisa

PONTIANAK, Media Kalbar

Gedung Kantor Bank Kalbar Cabang Jakarta diresmikan oleh Gubernur Kalbar H. Sutarmidji, SH., M. Hum., dengan Penandatanganan prasasti di Data Analytic Room Kantor Gubernur Kalimantan Barat, Selasa (15/11/2022).

dr. Harisson, M.Kes., Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat, dan Irjen. Pol (P) Drs. H. Didi Haryono, S.H., M.H., Komisaris Utama Bank Kalbar, hadir mendampingi Gubernur Kalbar pada kegiatan yang diselenggarakan secara hibrid.

Bank Kalbar juga diharapkan semakin tumbuh dan sudah dipersiapkan untuk menjadi Bank Devisa. Sehingga, cakupan layanan Bank Pembangunan Daerah Kalbar semakin luas dengan ditopang Sumber Daya Manusia (SDM) dan penggunaan IT yang semakin baik.

Non Performing Loan (NPL) yang terus menurun, semakin bertambahnya modal, serta dana masyarakat yang dihimpun, merupakan beberapa indikator yang menunjukkan perkembangan Bank Kalbar sangat bagus beberapa tahun terakhir. Hal itu disampaikan Gubernur Kalbar saat memberikan sambutan.

“Peran Bank Kalbar dalam peredaran keuangan di Kalbar juga semakin baik dan bisa menopang perekonomian Kalbar,” ungkap H. Sutarmidji melalui Zoom Meeting.

Melanjutkan sambutan, Gubernur Kalbar menjelaskan perekonomian Kalimantan Barat pada Triwulan III Tahun 2022 sudah mencapai 6,48%. Angka ini berada di atas rata-rata angka nasional.
Tampilan ekonomi seperti ini membawa Kalimantan Barat menduduki peringkat II selama 3 tahun berturut-turut di Regional Kalimantan setelah Kalimantan Timur.

“Saya yakin Kalbar akan semakin maju. Selain hasil tambang, seperti bauksit dan lain-lain, CPO merupakan core business di Kalbar. Kita merupakan penghasil hampir 6 juta ton CPO per tahun. Kemudian, sektor perekonomian lainnya juga semakin berkembang, sehingga akses perbankan akan semakin dibutuhkan di manapun,” tutur Gubernur Kalbar.

Berdasarkan pertumbuhan yang cukup baik, H. Sutarmidji setuju lokasi Kantor Cabang Bank Kalbar di Jakarta harus strategis dan lebih representatif untuk memberikan berbagai pelayanan perbankan.

“Selaku Gubernur dan mewakili para pemegang saham, Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat bersama Pemerintah Kabupaten/Kota akan terus memacu pertumbuhan, kemampuan dan kebaikan daya saing, serta berbagai kemudahan dalam pelayanan untuk Bank Kalbar,” tutup Gubernur Kalbar.

Kegiatan Peresmian Gedung Baru Bank Kalbar Cabang Jakarta yang berlokasi di Ruko Gedung Gajah, Tebet, Jakarta Selatan, ditutup dengan penandatanganan prasasti oleh Gubernur Kalimantan Barat.

Sayangnya Bank Kalbar belum bisa mewujudkan pembangunan Gedung Pusat Bank Kalbar, dimana beberapa tahun lalu sudah dilakukan peletakan batu pertama oleh Gubernur Kalbar saat itu Drs. Cornelis, MH., yang berlokasi di Jalan Ahmad Yani I Pontianak. (Adpim/mk)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed