by

Peringatan Hari Kartini Ke-142 Di Kabupaten Melawi, Diwarnai Dengan Aksi Sosial Oleh TP PKK

Melawi, Mediakalbarnews.com – Memperingati Hari Kartini ke 142 tahun yang jatuh setiap 21 April, Tim Penggerak PKK Kabupaten Melawi melakukan aksi sosial dengan membagikan Masker, Takjil, Paket Sembako, Paket Makanan tambahan untuk ibu hamil serta Buku Bacaan dan Bibit tanaman. Rabu (21/4/21) siang di Km.2 bundaran PDAM Tirta Melawi Nanga Pinoh. Rabu (21/4/21) siang.

Peringatan Hari Kartini ke 142 tahun 2021 di Kabupaten Melawi kali ini mengangkat tema “ Dengan Semangat Raden Ajeng Kartini ke-142. Mari Kita Mematuhi Protokol Kesehatan serta mari Tingkatkan Minat Literasi Agar Menjadi Budaya Milenial Indonesia.

Aksi Sosial TP PKK Kabupaten Melawi bekerjasama dengan Gabungan Organisasi Wanita (GOW) dan Darma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Melawi membagikan masker, paket makanan tambahan untuk ibu hamil sebanyak 20, paket sembako untuk lansia 12 paket, Masker sekitar Seribu lebih dan buku bacaan ke sekolah-sekolah serta bibit tanaman.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Melawi Ny. Raisya Sarbina Dadi, SE mengatakan meski ditengah-tengah pandemi virus corona, semangat Hari Kartini, harus tetap bersemayam dihati semua masyarakat Indonesia khusunya para perempuan.

“ Peringatan Hari Kartini yang  Ke-143,  Dengan  Semangat  Raden  Ajeng Kartini Yang Ke-143 Mari Kita Mematuhi Protokol Kesehatan  Melalui  Kegiatan  yang  Bersinergi dengan  Gabungan  Organisasi  Wanita  (GOW), Dharma Wanita  Persatuan  (DWP) Kabupaten  Melawi. Literasi  dalam  rangka  meningkatkan kemampuan  dan  minat  baca  mulai  dari  Pendidikan Dasar dengan membagikan buku-buku bacaan  kepada  Sekolah-sekolah  dan  Kegiatan Gerakan  Masyarakat  (Germasi)  Kesehatan Lingkungan,  menggalakan  pemanfaatan  lahan pekarangan yang  dapat membantu  peningkatan pendapatan  keluarga  dengan  hatinya  PKK, halaman Asri  Teratur  Indah dan  Nyaman,  serta pembagian  masker,  juga  bantuan  kepada  para Lansia  dan  Ibu  hamil  sebagai  wujud  perhatian dalam upaya untuk menurunkan angka stanting dengan memberi  perhatian kepada  ibu-ibu  hamil yang  dimulai  dari  seribu  hari  kehidupan,  juga sebagai  wujud  perhatian  kepada  masyarakat dalam  menjalani  ibadah  puasa  dapat  berbagi makanan untuk berbuka puasa, “ terang Ketua TP PKK.

Masih menurut Ketua TP PKK, Memperingati  Hari  Kartini  yang  selalu diperingati  setiap  tanggal  21 April  setiap  tahun yang  mulai  sejak  tahun  1964  merupakan  wujud perjuangan  R.A.  Kartini  yang  perlu  diwariskan dan  dibudayakan  dalam  menyikapi  kesetaraan gender  antara  pria  dan wanita  di  era moderen ini.

“ Perjuangan  R.A.  Kartini  memang  belum sepenuhnya  selesai,  untuk  itu  saya  mengajak seluruh  masyarakat  bersama-sama meningkatkan  kepedulian  khusus  terhadap kondisi  kita  saat  ini  yang  masih  sangat membutuhkan perhatian dengan situasi musibah covid-19 yang masih merajalela di bumi  persada ini,  melalui  komitmen  dan  kesadaran  kita  lah mungkin akan terhindar dari musibah ini, “ pesannya.

Semenatar Bupati Melawi H. Dadi Sunarya Usfa Yursa dalam pidato sambutan menyampaikan Peringatan Hari Kartini merupakan momen kebangkitan jiwa kaum wanita Indonesia yang dipelopori oleh Raden Ajeng Kartini karena kesuksesannya memperjuangkan hak-hak wanita di tengah zaman penjajahan Belanda pada saat itu secara konseptual sikap dan pemikiran Raden Ajeng Kartini.

Bupati berpesan perayaan hari Kartini ini tidaklah sekedar suatu perayaan tahunan semata saja. Seharusnya menjadi pengingat dan pemacu semangat bagi kita semua untuk melanjutkan perjuangan Ibu Kartini.

“ Peringatan Hari Kartini ini agar jadikan motivasi dan Pelita yang tak pernah padam dan selalu bersinar bagi seluruh kaum wanita. Raden Ajeng Kartini harus menjadi teladan bagi perempuan di Kabupaten Melawi dalam memperjuangkan kesetaraan gender. Ini harus dipahami bahwa makna emansipasi yang benar adalah perjuangan kaum perempuan demi memperoleh hak memilih dan menentukan nasib sendiri. Seluruh kaum wanita akan terus memberikan kontribusi di berbagai bidang bagi Kabupaten Melawi yang kita cintai ini karena sejatinya setiap wanita bisa dan mampu menjadi Kartini dengan cara dan upaya masing-masing, “ jelas Bupati.

Bupati Melawi pun mengingatkan agar tetap patuhi dan terapkan protokol kesehatan dimanapun dan kapanpun karena diri kita setiap individu dan masyarakat seluruhnya adalah Garda terdepan dalam upaya penanganan penyebaran covid-19.

Penulis/Publis : Bagus Afrizal

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed