by

Pesantren Kilat Ramadan: Memperkuat Iman dan Ketaqwaan Siswa SDN 43 Sungai Kakap

Kubu Raya, Media Kalbar

Pada hari Selasa 2 Rabu, 3 April 2024, SDN 43 Sungai Kakap, Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, menggelar acara pesantren kilat dan buka puasa bersama di halaman sekolah. Acara dimulai pukul 16.00 WIB dengan pembukaan oleh Kepala Sekolah, Subiayantoro.S PD.M.M.

Subiayantoro menyampaikan bahwa kegiatan Pesantren Kilat Ramadan ini bertujuan untuk meningkatkan ibadah, keimanan, dan ketakwaan siswa di bulan penuh berkah ini. Kegiatan ini juga dimaksudkan untuk memperbanyak amalan ibadah serta mengambil hikmah dari bulan puasa ,”Katanya.

Dalam acara tersebut, siswa diajak untuk mengikuti berbagai kegiatan menarik dan bernilai ibadah yang dipimpin oleh narasumber, seperti pendakwah dari kota Pontianak. Hj, Muslifah s.pd I menggarisbawahi pentingnya membaca dan menghapal Al Qur’an,”Ujarnya.

Anak-anak yang mengikuti pesantren kilat interaktif aktif berkomunikasi dengan penyampai materi dan diajak membaca sholawat bersama-sama. Acara ini merupakan bagian dari program tahunan sekolah yang diadakan setiap bulan puasa Ramadan.
Menerangkan siapa orang orang yang dirindukan surga ada 4 golongan
1,orang yang selalu membaca Al-Qur’an,2.orang yang suka berpuasa 3 orang yang suka memberi makan orang lapar,4.orang yang selalu menjaga lisannya, “Terangnya.

Setelah mengikuti kegiatan pesantren kilat, Kepala Sekolah Subiayantoro menyampaikan bahwa program ini sudah dijadwalkan di seluruh sekolah yang dia pimpin. Setiap sekolah melaksanakan pesantren kilat dua hari, dengan materi berbeda setiap harinya. Seperti tauhit, fikih dan sejarah Islam atau tareh.”Ungkapnya.

Harapan dari acara ini adalah agar anak-anak memiliki kenangan yang berharga dan terus menerus mengingat pesan-pesan kebaikan yang mereka dapatkan selama acara. Selain itu, diharapkan bahwa anak-anak tersebut akan menjadi generasi yang berguna bagi bangsa dan negara serta melanjutkan ajaran agama Islam dengan membaca Al Qur’an secara terus menerus.”Harapnya.

Acara pesantren kilat ini dihadiri oleh guru,Kepala Sekolah SD Negeri 43, kepala sekolah SDN 40, ibu agus Fitriani.s.pd dan beberapa mantan guru SDN 43 Sungai Kakap serta ketua masjid yang dekat dengan lingkungan dan dewan guru. “Alhamdulillah, acara ini diikuti oleh 187 siswa dan 35 siswa dapat menyelesaikan hataman Al Qur’an. Semoga acara ini menjadi motivasi bagi anak-anak untuk terus meningkatkan kebaikan dan keimanan mereka.” Pungkasnya(Mk/Ismail)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed