by

PKS Adakan Lomba Baca Teks Proklamasi, Final Dilaksanakan Di Bali

Pontianak, Media Kalbar

Dalam rangka hari HUT Kemerdekaan RI ke-78 Fraksi PKS DPRD Provinsi Kalbar bersama Fraksi PKS DPR RI kembali mengadakan Lomba Baca Teks Proklamasi Mirip Suara Presiden Soekarno.

Disampaikan oleh Ketua DPW PKS Provinsi Kalbar, H. Arif Joni Prasetyo, ST, MT., bahwa Peserta bisa mengikuti lomba yang diadakan PKS tiap tahun ini. Yaitu membaca Teks Proklamasi melalui konten video dengan gaya dan suara yang mirip suara Presiden Soekarno. Kemudian diunggah di media sosial pribadi masing-masing peserta. Lalu menandai akun Fraksi PKS DPR RI dan Fraksi PKS DPRD Kalbar.

“Lomba ini sendiri diadakan dalam tiga tahap, yang pertama, seleksi tingkat provinsi, Kedua, seleksi dan finalisasi peserta menuju grand final, Dan yang terakhir, grand final 10 besar dilaksanakan di Bali.” Kata Arif Joni yang Juga Anggota DPRD Provinsi Kalbar ini, Sabtu (5/8).

Diterangkan bahwa Acara Lomba Baca Teks Proklamasi ini bertujuan memupuk jiwa nasionalisme, Serta terus menguatkan rasa cinta dan bangga kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang pada tahun ini telah berusia 78 tahun.

“Untuk yang ke sekian kalinya Fraksi PKS Kalbar menggelar lomba Lomba Baca Pidato Mirip Presiden Soekarno, dalam rangka memupuk jiwa nasionalisme dan menguatkan rasa cinta kita terhadap NKRI. Dan kita patut berbangga proklamasi kemerdekaan ini dibacakan dengan gagah berani oleh Bung Karno ditengah kekuatan penjajah yang masih eksis.”ungkapnya.

Momentum peringatan HUT ke-78 Republik Indonesia harus terus diperingati terutama oleh generasi muda. Agar semangat generasi muda ikut serta mengisi kemerdekaan terus terjaga. “Jangan sampai kita semua termasuk generasi muda melupakan jasa para pahlawan dalam memerdekakan Indonesia.” ujarnya.

Legislator PKS Kalbar ini juga menuturkan bahwa, Diantara yang dapat kita lakukan guna selalu mengingat jasa-jasa pahlawan kemerdekaan adalah menghayati makna proklamasi yang dikumandangkan Soekarno-Hatta pada 17 Agustus 1945. Meski pembacaan teks proklamasi begitu singkat, makna yang terkandung dari secarik kertas teks proklamasi sangat dalam.

“Oleh karena itu, saya mengajak generasi muda untuk ikut dalam Lomba Baca Teks Proklamasi Mirip Suara Soekarno sebagai bagian dari penghayatan makna mendalam dari teks proklamasi yang dibacakan Ir. Soekarno, 17 Agustus 1945 yang lalu di Pegangsaan Timur 56.” Tukasnya.

Sebagai informasi, pendaftaran peserta Lomba Baca Teks Proklamasi Mirip Suara Soekarno telah dibuka dari 25 Juli yang lalu, hingga 14 Agustus 2023 mendatang.

Seleksi tingkat provinsi akan dilaksanakan pada 17 Agustus dan grand final nasional dilaksanakan pada 22 Agustus mendatang di Bali. (Amad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed