by

Polres Bengkayang Gelar Apel Kesiapan Antisipasi dan Penanganan Bencana

Bengkayang, MEDIA KALBAR

Kepolisian Resor Bengkayang Polda Kalbar menggelar Apel Pengecekan Sarpras Dalam Rangka Antisipasi Dan Penanganan Bencana Tahun 2022 Di Wilayah Hukum Polres Bengkayang. Upacara ini dipimpin langsung oleh Kapolres Bengkayang AKBP Dr. Bayu Suseno, SH, SIK, MM, MH, Kamis (01/12/22) pagi.

Upacara ini digelar di Halaman Mapolres Bengkayang yang diikuti oleh Danramil Bengkayang, Danki C 645/GTY Bengkayang, Danki B Zipur 6 SD Bengkayang, Kepala BPBD Kab. Bengkayang, Kepala BPKS Kab. Bengkayang, Danki Brimob Yon B Singkawang Polda Kalbar, Waka Polres Bengkayang, PJU Polres Bengkayang dan seluruh personel Polres Bengkayang.

Dalam sambutannya, Kapolres Bengkayang AKBP Dr. Bayu Suseno, SH, SIK, MM, MH, membacakan amanat bahwa apel siaga bencana ini digelar untuk meningkatkan kesiapsiagaan seluruh komponen pemerintah dan masyarakat dalam menghadapi ancaman bencana hidrometeorologi di Kab. Bengkayang, seperti banjir, tanah longsor, dan angin puting beliung.

“Dapat kita ketahui bahwa bencana alam akan berdampak terhadap gangguan kamtibmas, ekonomi, dan kontijensi”, ucap Kapolres Bengkayang

“Sehingga beberapa waktu lalu telah terjadi bencana longsor di wilayah sancupu kec. lembah bawang dengan korban jiwa sebanyak 4 orang serta korban selamat sebanyak 9 orang dan atas kerjasama yang baik antar stakeholder terkait, sehingga kejadian bencana tersebut dapat kita tangani dengan baik”, tambah Kapolres.

Tujuan dilaksanakan apel pengecekan sarpras ini adalah untuk meningkatkan koordinasi para stakeholder dalam rangka penanggulangan menghadapi bencana alam.

Dalam rangka kesiapsiagaan kontijensi bencana alam di wilayah Kab. Bengkayang, Kapolres Bengkayang meminta untuk melakukan pemetaan daerah rawan bencana, jumlah rumah dan penduduk yang tinggal pada daerah rawan bencana, serta laksanakan sosialisasi kepada masyarakat untuk selalu mewaspadai dan mengantisipasi kondisi alam.
“Lakukan koordinasi dengan stakeholder terkait untuk menyiapkan tempat pengungsian dan bantuan berupa sembako, obat-obatan dan tenaga medis dalam rangka membantu para korban bencana alam”, pinta Kapolres.

Mensiagakan kekuatan personil dan sarana angkutan, Sarpras SAR yang siap digerakkan untuk melakukan evakuasi korban serta penyaluran bantuan sembako dan obat-obatan bagi korban bencana juga menjadi fokus dalam penanganan bencana.

“Inventarisasi dan lakukan pengecekan sarpras dan peralatan yang dimiliki serta pastikan dalam kondisi siap untuk dioperasionalkan dalam penanggulangan bencana dan evakuasi korban. Tingkatkan profesionalisme kemampuan, teknis dan non teknis anggota khususnya dikaitkan dengan penanganan bencana maupun pasca bencana”, kata Kapolres.

Untuk antisipasi benaca, Kapolres Bengkayang mengharapkan untuk laksanakan sosialisasi antisipasi terhadap bencana melalui pelatihan penyelamatan saat terjadinya bencana serta terbentuknya sistem deteksi bencana yang dapat dimengerti oleh masyarakat.

Diakhir amanat, Kapolres Bengkayang mengharapkan untuk melakukan mitigasi diwilayah rawan terjadinya bencana alam dengan pembuatan rambu-rambu jalur evakuasi untuk mengarahkan masyarakat menuju titik kumpul / area aman dari bencana.

“Kepada seluruh Stakeholder tanggap bencana dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya”, tutup Kapolres. (**/amad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed