by

Polres Kapuas Hulu Gelar Kegiatan Polri Presisi Peduli Stunting diikuti 350 Orang

Putussibau, Media Kalbar

Dalam upaya membantu pemerintah menangani permalasahan stunting di daerah, Kepolisian Resort (Polres) Kapuas Hulu melaksanakan “POLRI PRESISI Peduli Stunting ” di Gedung Indoor Volly Putussibau, Jum’at (28/7/2023).

Kegiatan POLRI PRESISI Peduli Stunting yang diselenggarakan oleh Polres Kapuas Hulu merupakan Program Kapolda Kalimantan Barat yang dilaksanakan secara serentak di Kalimantan Barat.

Kegiatan tersebut dihadiri langsung Kapolres Kapuas Hulu, AKBP Handrawan S.I.K., M.H,
Wakapolres Kapuas Hulu, Kompol Dahomi Baleo Siregar S.H, Para PJU Polres Kapuas Hulu,
Perwira Polres Kapuas Hulu, Para Anggota Polres Kapuas Hulu, Kapolsek dan Bhabinkamtibmas Polsek Putussibau Utara, Selatan, Bika, dan Kalis.

Hadir Ketua Bhayangkari Cabang Kapuas Hulu Ny. Linda Hendrawan, Pengurus Bhayangkari Cabang Kapuas Hulu, dan masyarakat yang mengikuti kegiatan tersebut berjumlah 350 Orang.

Dalam melaksanakan Polri Presisi Peduli Stunting, Polres Kapuas Hulu menggandeng tim kesehatan dari Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Kapuas Hulu, Petugas Puskesmas Putussibau Utara dan Puskesmas Putussibau Selatan.

Tim medis dari Dokpol, Polres Kapuas Hulu bersama Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana bersama dua tim Kesehatan Puskesmas Utara dan Selatan yang terdiri dari Dokter, tenaga gizi dan tenaga kesehatan lainnya melakukan skrining atau pemeriksaan kesehatan kepada masyarakat yang hadir.

Adapun Tahapan Pemeriksaan Kesehatan dimulai dari Pendaftaran, Pelayanan Kesehatan, Pemeriksaan TB/BB LK (2-5 Th), Pencatatan Pendataan KMS, Pemeriksaan Ibu Hamil Menyusui, Pengecekan Gizi dan Pemberian Kartu Kontrol dan Pemberian Nutrisi (Asupan makanan bergizi).

Selain itu dilakukan pemberian makanan Bergizi, sebagai diantaranya Telur Ayam Rebus sebanyak 700 Telur, Bubur Kacang Hijau 230 Porsi, Bubur Sereal Kotak 50 untuk Anak dan 50 untuk Ibu, Sayur Masak dan Tahu 230 Porsi, Nasi Kotak 70 Porsi dan Snack 70 Kotak.

Pelaksanaan kegiatan Polri Peduli Stunting itu juga dilakukan pemantauan secara langsung oleh Kapolda Kalbar Irjen Pol Pipit Rismanto, S.I.K,. M.H., melalui Video Conference (Via Zoom Meeting), diikuti oleh Jajaran Polres se-Kalbar.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres Kapuas Hulu, AKBP Handrawan, S.I.K., M.H., menyampaikan bahwa, kegiatan POLRI PRESISI Peduli Stunting dilaksanakan untuk mengatasi Penanganan permasalahan Gizi terhadap Ibu Hamil, Ibu Menyusui dan Anak-Anak Stunting.

“Dimana saat ini dinilai kenaikan angka Stunting masih tinggi dan masuk urutan 7 (tujuh) dari 38 (tiga puluh delapan) Propinsi se-Indonesia,” jelas Kapolres.

Oleh karenanya kata Kapolres, dalam kegiatan POLRI PRESISI Peduli Stunting itu sasaran kegiatan ditujukan pada ibu hamil, ibu menyusui, anak risiko Stunting dan anak stunting yang perlu penanganan, guna pencegahan dan percepatan penurunan stunting, khususnya di Kabupaten Kapuas Hulu. ( Icg )

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed